Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah jenis olahraga yang pamornya terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun belakangan. Terutama setelah beberapa artis-artis tanah air sudah banyak yang menggemari olahraga ini. Yoga ini juga banyak manfaatnya untuk kesehatan loh.

Yoga sendiri berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang artinya penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang universal dan ilahi. Sederhananya, yoga diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan.
Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh Anda.

Jenis-jenis yoga

• Yoga Hatha: Kelas-kelas yoga ini terdiri dari kelas pengantar, postur dasar yoga, hingga teknik pernapasan. Yoga hatha lebih berfokus kepada aspek fisik dibandingkan mental.
• Yoga Ashtanga: Terdiri dari 6 seri postur-postur yoga yang kuat dan cukup menantang, dilakukan tanpa henti. Yoga tipe ini tidak direkomendasikan bagi yang memiliki otot dan sendi yang lemah.
• Yoga Power: Diadaptasi dari yoga ashtanga tradisional pada tahun 1980-an. Merupakan jenis yoga yang dinamis dan menantang,
• Yoga bikram terdiri dari 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan. Uniknya, jenis yoga ini harus dilakukan di ruangan yang panas dengan suhu sekitar 40,6º C dan kelembapan 40%.
• Yoga Iyengar: Jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti selimut, tali, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.
• Yoga Kundalini: Dalam bahasa Sansekerta, “Kundalini” diartikan sebagai gulungan, menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis ini menggabungan rangkaian gerakan, meditasi, dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang.

About lastkinection

Check Also

Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Musim hujan bisa dibilang sebagai musim rawan penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih …