Burnout Syndrome, Sama-Sama Bikin Tertekan

Stres dalam pekerjaan sudah biasa, tetapi burnout syndrome adalah hal yang berbeda. Burnout syndrome adah stres kronis dan kondisi ini tentu saja bisa mempengaruhi pekerjaan Anda.
Stres merupakan kondisi umum yang terjadi di kalangan masyarakat, terutama kelas pekerja. Tekanan yang berasal dari pekerjaan ini sebenarnya baik untuk Anda karena dapat membuat Anda tetap waspada dan merasa hidup.
Tetapi, jika situasi ini terjadi dalam jangka waktu lama, tentu akan menimbulkan depresi yang berdampak buruk pada kesehatan dan berujung ke burnout syndrome.
Burnout syndrome merupakan kondisi ketika seseorang merasa stres berat dengan pekerjaannya. Sindrom ini terlihat apabila Anda sudah mulai merasa sangat lelah secara fisik dan emosional. Akibatnya, Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
Tidak jarang, burnout syndrome juga dapat memengaruhi kinerja dalam jangka waktu lama.
Di sini mulai terlihat perbedaan antara burnout syndrome dan stres biasa. Jika stres kerja biasa terjadi dalam sebuah pekerjaan dan hanya berlangsung dalam jangka waktu yang pendek, burnout syndrome tidak.
Burnout syndrome muncul akibat stres jangka panjang hingga mampu menurunkan performa kerja Anda.
Akan tetapi, mengetahui apa gejalanya dapat membantu Anda lebih cepat mengatasi sindrom ini.
Beberapa gejala burnout syndrome antara lain:
• Sering merasa lelah, baik secara fisik maupun emosional. Kondisi ini juga menyebabkan Anda kehabisan ide, bahkan mengalami gangguan sistem pencernaan.
• Tidak peduli dengan rekan kerja dan pekerjaan, juga menjadi salah satu gejala burnout syndrome. Hal ini disebabkan oleh perasaan frustrasi dan stres yang membuat Anda muak dengan hal yang berkaitan dengan pekerjaan.
• Performa kerja menurun, akibat stres yang berkepanjangan, sehingga Anda menjadi tidak produktif
Stres kerja biasa mungkin tidak akan sampai membuat Anda muak dan mengasingkan diri dari lingkungan kerja. Beda dengan burnout syndrome yang memberikan efek buruk kepada setiap aspek yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

About lastkinection

Check Also

insomnia

Cara Atasi Insomnia dengan Teknik Sederhana Ini

Sebenarnya tubuh bisa saja sudah lelah tapi kenapa Anda mengalami kesulitan tidur atau istilahnya insomnia …