insomnia
insomnia

Cara Atasi Insomnia dengan Teknik Sederhana Ini

Sebenarnya tubuh bisa saja sudah lelah tapi kenapa Anda mengalami kesulitan tidur atau istilahnya insomnia ? Bahkan, saat Anda sudah berhasil tidur ada saja yang membuat tiba-tiba terbangun tengah malamhingga sulit tidur lagi. Insomnia memang sangat mengganggu, tapi sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mempraktekkan teknik relaksasi agar bisa tidur nyenyak berikut ini.
Lakukan latihan relaksasi sederhana ini sebelum tidur atau saat terbangun pada malam hari dan mengalami kesulitan untuk kembali terlelap. Kunci dari teknik relaksasi untuk tidur nyenyak ini yaitu fokus pada pernapasan dan juga tubuh.

Tarik napas dalam-dalam

Teknik relaksasi pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur adalah menarik napas dalam-dalam. Cara ini sederhana, tetapi memiliki dampak yang cukup besar terhadap gangguan tidur yang Anda alami. Tak hanya itu, Anda bisa melakukan teknik relaksasi ini kapan dan di mana saja.
Teknik relaksasi yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks ini juga dapat mengurangi ketegangan otot dan meperlambat laju pernapasan dan detak jantung.
Tarikan serta embusan napas yang panjang dan lambat sangat mirip dengan laju napas saat tidur. Ini artinya, saat melakukan teknik ini, Anda memberi sinyal kepada otak bahwa Anda siap untuk tidur dengan meniru pola pernapasan saat tidur. Tujuannya adalah untuk membantu tubuh lebih santai, sama seperti saat Anda sedang tidur.
Untuk melakukannya, Anda bisa menarik napas melalui hidung, lalu embuskan selambat mungkin melalui mulut. Agar lebih fokus, pegang perut Anda saat bernapas dan rasakan sensasi naik dan turun. Ulangi hal ini selama beberapa kali hingga Anda merasa jauh lebih rileks dari sebelumnya.

Fokuskan perhatian pada tubuh

Cara ini termasuk teknik relaksasi yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak.
Coba rasakan betapa pegal badan Anda dan kasur yang terasa begitu nyaman untuk menopang tubuh. Lalu, mulai perhatikan jari-jari kaki pada kaki sebelah kanan. Rasakan sensasi yang muncul sembari fokus terhadap pernapasan Anda. Bayangkan setiap tarikan napas Anda mengalir melewati jari-jari tersebut.
Setelah tiga hingga lima detik berlalu, lakukan hal yang sama pada bagian bawah kaki, pergelangan kaki, betis, lutut, paha, hingga pinggul. Dari situ, rasakan perut bagian bawah, punggung bagian atas dan dada, hingga ke bahu. Setelah merasakan seluruh bagian tubuh Anda secara perlahan, diamlah untuk sementara waktu.
Lalu, lepaskan semua ketegangan dan jangan memikirkan apa pun selain hal yang Anda rasakan pada tubuh saat itu. Jika sudah, cobalah untuk membuka mata dan lakukan peregangan jika perlu. Teknik relaksasi ini biasanya akan membuat tubuh lebih rileks, sehingga rasa kantuk mudah datang hingga Anda bisa tidur terlelap.

Pikirkan hal yang membuat Anda tenang

Teknik selanjutnya yang bisa Anda coba agar bisa tidur terlelap adalah membayangkan hal yang menimbulkan perasaan tenang. Sebagai contoh, jika Anda merasa tenang saat berada di laut, bayangkan suasana pantai yang sepi dan menenangkan. Tak lupa, pikirkan suara debur ombak yang membantu melepaskan ketegangan dan kecemasan.
Namun, ada banyak hal selain suasana pantai yang dapat membuat Anda tenang. Ini artinya, Anda bebas membayangkan suasana apa saja, selama hal tersebut memang dapat membuat Anda lupa dengan berbagai permasalahan.
Anda juga bisa memilih untuk mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur untuk membantu Anda menjadi lebih tenang. Nikmati perasaan tegang dan segala kekhawatiran yang perlahan memudar seiring dengan Anda menikmati suasana dalam bayangan. Saat Anda sudah merasa lebih tenang, Anda bisa mulai memposisikan diri untuk tidur.

About lastkinection

Check Also

Burnout Syndrome, Sama-Sama Bikin Tertekan

Stres dalam pekerjaan sudah biasa, tetapi burnout syndrome adalah hal yang berbeda. Burnout syndrome adah …