Fungsi Makeup Yang Bisa Menjadi Panduan Pemula

Posted on

Mengenakan riasan dengan benar terasa seperti sulap karena dapat mengubah wajah Anda menjadi lebih segar. Namun, terkadang Mom selalu bingung dengan riasan yang benar, bukan? Apalagi jika Anda baru mengenal dunia makeup. Simak ulasannya!

Fungsi Makeup

Riasan telah ada selama berabad-abad dan telah digunakan oleh manusia untuk berbagai tujuan. Riasan adalah bagian dari seni, dimana prosesnya dapat mengubah tampilan dari bentuk asli ke tampilan lain dengan bantuan alat dan kosmetik. Pada umumnya wanita menggunakan makeup untuk mempercantik penampilannya. Tentu saja ada fungsi lain dari makeup, seperti menggambarkan karakter dan menambahkan aspek dramatis.

Seni rias atau rias juga mendorong pertunjukan seni lainnya seperti teater, tari, dan sebagainya. Mengutip dari Cosmetic Beauty Salon, saat memakai make up, manfaatnya lebih besar daripada tampilannya. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, kombinasi riasan yang sempurna menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan wanita di seluruh dunia.

Urutan Makeup yang Tepat untuk Pemula

Seni rias adalah keterampilan yang dapat dipraktikkan secara teratur. Dibutuhkan ketelitian dan mengetahui gaya riasan yang sesuai dengan wajah kita. Dengan banyaknya produk kosmetik, tidak heran jika para pemula akan bingung bahkan gugup sebelum mencobanya. Tidak diragukan lagi, ini adalah set riasan yang sempurna untuk pemula agar terlihat lebih menarik dan percaya diri.

1. Bersihkan wajah Anda

Rutinitas makeup yang benar dan perlu dilakukan adalah membersihkan wajah dengan cara membasuh wajah hingga bersih. Langkah ini sangat diperlukan untuk mengangkat kotoran, sebum, dan sel kulit mati di wajah agar tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat setelah makeup.

2. Gunakan pelembab

Penataan make up yang tepat untuk pemula yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan pelembab wajah (moisturizer) sebelum mengaplikasikan bedak atau foundation. Mengutip dari University of Tennessee Health Center, pelembab sangat penting untuk kesehatan kulit. Kulit kita adalah organ terbesar dalam tubuh dan membutuhkan perhatian yang sering.

Pilih pelembap yang mengandung vitamin dan minimal SPF 15 untuk melindungi kulit Anda di siang hari. Juga gunakan pelembab non-komedogenik bebas minyak (tidak menyumbat pori-pori), telah diuji alergi dan disetujui oleh dokter kulit.

3. Gunakan Foundation

Urutan make up yang tepat selanjutnya adalah aplikasi foundation atau alas bedak. Jika Anda memiliki berbagai masalah kulit wajah seperti warna kulit tidak merata, banyak komedo, bekas jerawat, dll, foundation pasti sangat berguna untuk menutupi kekurangan tersebut.

Sebagai permulaan, berhati-hatilah saat memilih foundation. Tentukan dulu apakah jenis kulit wajah Anda normal, kering, berminyak atau kombinasi, lalu pilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Disarankan untuk memilih alas bedak yang memiliki warna lebih terang dari warna kulit asli.

Ini karena beberapa jenis foundation akan teroksidasi setelah beberapa jam digunakan. Setelah oksidasi, warna dasar akan bercampur dengan warna kulit.

Ada fakta unik yang dibahas dalam sebuah penelitian di situs Psychology Today yang menunjukkan bahwa foundation atau alas bedak adalah kosmetik yang paling besar pengaruhnya terhadap persepsi perempuan. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang memakai riasan berpotensi meningkatkan pendapatan dan promosi di tempat kerja.

4. Concealer

Concealer juga memiliki fungsi yang tidak berbeda dengan foundation, tugas utama dari concealer adalah untuk menyempurnakan kekurangan yang tidak tertutupi oleh foundation secara lebih detail. Menggunakan concealer di bawah mata dapat membantu menutupi area mata panda.

Concealer juga bisa digunakan untuk menonjolkan bagian wajah tertentu seperti dahi, tulang hidung, dan tulang pipi. Mengaplikasikan concealer pada wajah terlihat mudah. Namun, bagi para ibu yang masih pemula, ada beberapa tips agar concealer tidak retak atau pecah.

Aplikasikan concealer dengan gerakan menyapu menggunakan jari manis yang merupakan jari paling lembut. Pastikan concealer tercampur dengan alas bedak agar kulit tampak flawless.

5. Bubuk

Setelah Anda selesai mengaplikasikan foundation dan concealer pada wajah, penataan riasan yang tepat untuk pemula berikutnya menggunakan bedak sebagai lapisan terakhir yang mengunci keduanya. Bedak memberikan lapisan tipis untuk tampilan yang lebih alami. Gunakan aplikator kuas yang berkualitas agar tidak menempelkan bedak pada wajah.

Penggunaan bedak setelah foundation juga dianjurkan untuk ibu dengan kulit berminyak. Hal ini dikarenakan bedak tabur terutama bedak cenderung menyerap sisa minyak pada wajah.

6. Pensil Alis

The New York Beauty Institute mengatakan bahwa alis adalah salah satu fitur wajah yang paling penting bagi orang-orang karena banyak fungsi yang mereka lakukan. Alis dapat membantu menonjolkan mata, membentuk wajah, dan memainkan peran yang kuat dalam komunikasi nonverbal.

Memberi warna dan bentuk untuk mempertegas alis merupakan hal penting yang perlu dilakukan dengan urutan riasan yang tepat. Ada beberapa bentuk pewarnaan alis, seperti pensil, bedak, dan gel. Lakukan pewarnaan alis secara natural, tidak terlalu tebal dan sesuai dengan bentuk alis yang natural.

7. Bayangan Mata

Urutan makeup yang tepat untuk pemula di level selanjutnya adalah menggunakan eyeshadow. Agar lebih tahan lama dan warna eyeshadow lebih keluar, gunakan primer atau eyeshadow concealer sebelum mengaplikasikan.

8. Celak

Penggunaan eyeliner dalam riasan wajah merupakan bagian penting bagi sebagian besar wanita. Karena eyeliner bisa membantu menentukan bentuk mata dan membuat mata terlihat tajam dan menarik.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, wanita menilai riasan mata sebagai produk nomor satu yang meningkatkan daya tarik wajah. Kombinasi eyeliner, eye shadow, dan maskara dapat membuat mata Anda terlihat lebih kencang dan indah.

Sebagai permulaan, melukis eyeliner adalah salah satu hal yang paling sulit dalam proses makeup. Oleh karena itu, disarankan kepada ibu-ibu yang masih pemula dalam dunia makeup untuk selalu berlatih.

9. Maskara

Urutan riasan yang benar untuk pemula selanjutnya adalah mengaplikasikan maskara setelah aplikasi eyeliner. Maskara dapat memberikan efek yang lebih panjang dan tebal pada bulu mata, sehingga menarik perhatian mata pemakainya. Jika Anda memiliki mata kecil yang biasanya tidak menarik, maskara akan meningkatkan penampilan dan highlight Anda.

10. Blush On

Setelah mengaplikasikan bedak, set makeup yang benar untuk pemula adalah menggunakan blush on. Blush on merupakan warna yang digunakan untuk menambah warna pada wajah, terutama pipi. Blush memiliki beberapa tekstur untuk dipilih, seperti padat, krim, dan bahkan cair. Sesuaikan tekstur perona pipi dengan kondisi kulit Anda untuk lebih mendukung riasan Anda.

11. Lipstik

Setelah semua rangkaian riasan di atas selesai, saatnya Anda mewarnai bibir menggunakan lipstik. Tak hanya mata, bibir juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wanita. Penelitian yang dilakukan oleh Edith Cowan University, menunjukkan bahwa wanita menggunakan lipstik untuk mengubah dan mengekspresikan diri, serta mencerminkan suasana hati dan identitas sehari-hari mereka.

Setelah mengetahui urutan makeup ini, jangan ragu untuk mencoba latihan makeup! Ingat Bu, pelatihan membuat sempurna. Jadi cobalah, ya!