Tips Ampuh Tetap Fit di Musim Hujan

Di musim hujan seperti sekarang, Anda harus melakukan cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri, ataupun kelelahan karena padatnya aktivitas memang tak kenal musim.
Cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan, penyakit yang umum terjadi adalah demam berdarah (dengue fever), pilek, dan flu. Maka itu, kesehatan tubuh perlu dijaga dengan baik saat musim hujan.
Menjaga kesehatan di musim hujan sesungguhnya dapat dilakukan dengan cara sederhana. Tapi seringnya karena segudang aktivitas, kita sering mengabaikan masalah kesehatan.
Tak hanya demam berdarah, musim hujan juga dapat menyebabkan penyebaran virus influenza dan pilek. Virus ini dapat secara mudah tersebar pada lingkungan. Misalnya, kita jadi lebih sering berada di rumah, sekolah, tempat kerja, saat musim hujan datang dan peluang penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya akan tersebar lebih mudah. Virus dapat dilakukan melalui kontak fisik dan masuk ke sistem pernapasan.
Penting sekali untuk menerapkan cara menjaga kesehatan dengan tepat di musim hujan. Maka dari itu, untuk menguatkan data tahan tubuh agar tetap fit di musim hujan, Anda perlu menerapkan cara untuk menjaga kesehatan sebagai berikut.

Konsumsi guava atau jambu biji

Makan jambu biji atau meminum jusnya adalah salah satu cara menjaga kesehatan di musim hujan yang paling mudah. Jambu biji mengandung vitamin C.
Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan meningkatan potensi infeksi penyakit. Karenanya rutin mengonsumsi jambu biji yang kaya akan vitamin C akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan pilek.

Berolahraga

Tetaplah berolahraga dan beraktivitas fisik adalah salah satu cara menjaga kesehatan di musim hujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya
Olahraga cukup 20 menit dapat menstimulasi daya tahan tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan. Banyak olahraga yang menyenangkan yang dapat menunjang kesehatan tubuh, seperti yoga, pilates, bersepeda, dan lainnya.

Mencuci tangan

Penularan virus paling mudah adalah melalui kontak fisik makanya jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Anda bisa menggunakan hand sanitizer ke mana pun Anda pergi untuk meminimalkan risiko penularan virus. Lakukan langkah sederhana ini sebagai cara menjaga kesehatan Anda di musim hujan.

Konsumsi makanan bernutrisi

Makanan yang kaya akan vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara ini mampu menjaga kesehatan tubuh Anda di musim hujan.
Jika tubuh kekurangan zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, akan mempengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan membuat penyakit dengan mudah menginfeksi tubuh. Tambahkan beragam jenis sayur dan buah pada makanan Anda, sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

About lastkinection

Check Also

Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Musim hujan bisa dibilang sebagai musim rawan penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih …