1.278 Rumah di Tapanuli Utara Hancur Karena Gempa Magnitudo 6,0

1.278 Rumah di Tapanuli Utara Hancur Karena Gempa Magnitudo 6,0

Kerusakan bangunan karena gempa bumi magnitudo 6,0 di Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut) semakin bertambah. Tercatat 1.278 unit rumah warga di sembilan kecamatan alami kerusakan.
Selanjutnya, 72 tempat ibadah, 30 titik batas jalan, sembilan unit jembatan, 22 unit sarana pendidikan, tiga unit sarana kesehatan, 24 unit kantor pemerintah, tiga unit kantor swasta, dan 35 titik aliran irigasi yang hancur karena gempa.

“Rumah sebagai hal yang prioritas untuk masyarakat. Selainnya rumah, sekolah dan tempat beribadah harus juga langsung diperbaiki,” tutur Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi saat mengevaluasi Posko Gempa Taput di Kantor Bupati Taput, Tarutung.

Edy menjelaskan faksinya sudah turunkan team responsif musibah dan kontribusi logistik untuk korban gempa Tapanuli Utara (Taput). Dalam peluang itu, Edy memberikan dana untuk warga yang terimbas musibah alam itu.

Bantuan yang diberikan Gubernur Edy Rahmayadi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput, berbentuk material bahan bangunan sebesar Rp100.000.000, dan 1.000 paket sembako sebesar Rp133.000.000, obat-obatan dan vitamin.

Edy Rahmayadi mengharap bantuan itu bisa selekasnya dipakai untuk membenahi rumah masyarakat yang hancur karena musibah, khususnya yang hancur berat. Hingga masyarakat bisa selekasnya kembali tempati tempat tinggalnya.

Tidak cuma kerusakan bangunan dan infrastruktur, musibah itu mengakibatkan seseorang wafat dan 24 orang alami beberapa luka. Edy minta dilaksanakan pengobatan secara psikis pada beberapa korban musibah.

“Karena musibah yang terjadi mengakibatkan trauma dalam untuk beberapa korban. Ini kita meminta pengiringan psikis untuk korban gempa, semua diharap bisa turut serta,” jelasnya.

Dalam pada itu, Kepala Kepolisian Wilayah Sumut RZ Panca Putra mengutarakan beberapa perkembangan pembaruan sarana yang hancur seperti jalan dan sumber air dari Aek Sigaeon yang salurannya terusik karena gempa. Begitu halnya listrik yang umum telah lebih baik.

“Keadaan pada umumnya lumayan baik, sama dengan warga kita beri perasaan aman ke warga, kita berikan kepercayaan jika keadaan ini dapat terselesaikan, kemajuan ekonomi jangan mati,” tutur Panca.

Bupati Taput Nikson Nababan menjelaskan pihaknya bersama TNI dan Polri sudah lakukan pengatasan gempa. Nanti pembuatan rumah warga yang hancur dilaksanakan oleh Pemda bersama sama TNI/Polri, dan warga swakelola membangunnya.

“Kita benar-benar memerlukan material, sembako kita telah lebih dari cukup, saat ini ialah bahan bangunan untuk kelak kita dapat kerjakan, jika dapat dua minggu telah habis, ” sebut Nikson.

 

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …