12 September Mengingati Hari Apa? Check Beritanya di Sini

12 September Mengingati Hari Apa? Check Beritanya di Sini

Tanggal 12 September mengingati hari apa? Di tanggal 12 September ada peringatan hari istimewa yang harus dipahami. Hari istimewa di tanggal 12 September diperingati sebagai Hari Pensiunan atau Hari Ulangi Tahun (HUT) PEPABRI.
Lalu apakah itu Hari Pensiunan atau HUT PEPABRI? Baca info secara lengkap di bawah ini.

12 September Mengingati Hari Apa? HUT PEPABRI

Tanggal 12 September mengingati Hari Pensiunan atau Hari Ulangi Tahun (HUT) PEPABRI. Hari Pensiunan ialah hari yang diperingati sebagai hari lahirnya PEPABRI di tanggal 12 September.

Apakah itu PEPABRI? PEPABRI ialah ringkasan dari Persatuan Pensiunan Angkatan Membawa senjata Republik Indonesia. Untuk dipahami, Pensiunan ialah panggilan lain dari pensiunan.

Awalnya, PEPABRI sempat alami penggantian nama dalam sejarahnya sampai pada akhirnya diputuskan nama PEPABRI sebagai organisasi untuk semua Pensiunan TNI atau pensiunan TNI dan Warakawuri.

Untuk mengenali lebih jauh mengenai PEPABRI atau Persatuan Pensiunan Angkatan Membawa senjata Republik Indonesia, baca penuturannya di bawah ini.

Mengenai PEPABRI

Sudah diketahui, Persatuan Pensiunan Angkatan Membawa senjata Republik Indonesia atau dipersingkat PEPABRI ialah organisasi bungkusyarakatan yang memiliki sifat berdikari, berkarakter pejuang, non simpatisan dan terbuka untuk semua Pensiunan dan Warakawuri, seperti diambil dari situs sah PEPABRI.

Organisasi pensiunan TNI ini sebagai tempat untuk mengumpulkan dan menyambung bersilahturahmi beberapa Pensiunan dan Warakawuri, jadi “rumah bersama” untuk semua prajurit TNI dan POLRI sesudah purna bhakti. Warakawuri ialah istri seorang militer atau pensiunan yang hingga saat suaminya luruh/ meninggal/ wafat masih jadi istri yang syah menurut ketentuan yang berjalan.

Riwayat PEPABRI

Tanggal 12 September mengingati hari apa, ini telah dijumpai, yaitu Hari Pensiunan atau HUT PEPABRI. Untuk tahun ini, Hari Pensiunan 2022 ialah peringatan HUT PEPABRI yang ke-63 tahun.

Hari Pensiunan TNI atau HUT PEPABRI diperingati sebagai hari lahirnya PEPABRI di tanggal 12 September. Adapun riwayat PEPABRI sendiri, seperti dikutip situs sah PEPABRI, bisa dibaca seperti berikut.

Riwayat lahirnya PEPABRI ialah di saat di bawah kepimpinan Presiden Sukarno. Tempuh peraturan pemulihan dan rasionalisasi di awal tahun 50-an, cukup banyak pejuang yang terima realita harus keluar skema APRI (Angkatan Perang Republik Indonesia). Banyak sisa pejuang yang terima efeknya. Mereka rasakan ada ketidakadilan, dan di lain sisi terlihat keadaan kehidupan mereka benar-benar memprihatinkan.

Dengan memerhatikan kondisi yang berkembang, terutamanya keadaan umum beberapa sisa pejuang kemerdekaan, satu kelompok pensiunan TNI berasa terpanggil untuk ambil ide membuat organisasi pensiunan TNI.

Pada 1 September 1953, dibangun organisasi Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia (PPAPRI) di Solo. Organisasi PPAPRI masih memiliki sifat lokal, dengan beranggotakan mereka yang ada di sekitaran Karesidenan Surakarta, terutamanya beberapa bekas anggota legiun Mangkunegaran. PPAPRI mempunyai tujuan menggalang kebersamaan dan berusaha tingkatkan kesejahteraan anggotanya.

Tanggal 12 April 1957, beberapa pensiunan TNI di Jakarta membangun organisasi Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia (PERPAPRI) yang masih memiliki sifat lokal. Kelahiran PERPAPRI di Jakarta didorong oleh semangat juang yang tidak mengenali pensiun.

Pada 10-12 September 1959, PERPAPRI mengadakan Konferensi Nasional I di Kaliurang Yogyakarta yang didatangi oleh perwakilan dari Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan PPAPRI Solo.

Konferensi ini hasilkan persetujuan untuk mempersatukan semua organisasi pensiunan dan Janda APRI/ Janda pensiunan pada sebuah tempat, bernama Persatuan Pensiunan Angkatan Perang Republik Indonesia (PERPAPRI), dan menyetujui dasar perjuangan dan identitas organisasi, yang selanjutnya dirumuskan dalam code kehormatan “Catur Dharma.”

Organisasi pensiunan dan janda APRI/ janda pensiunan, sudah terlahir di bumi Indonesia. Berikut riwayat lahirnya organisasi PEPABRI.

Di bulan April 1964, PEPABRI melangsungkan Konferensi Nasional III di Lembang Bandung dengan mengikutkan PPAKRI (Persatuan Pensiunan Angkatan Kepolisian Republik Indonesia). Konferensi hasilkan keputusan seperti berikut:

Terima pengintegrasian PPAKRI ke PEPAPRI

Menyetujui peralihan nama PEPAPRI jadi Persatuan Pensiunan Angkatan Membawa senjata Republik Indonesia dipersingkat PEPABRI
Mengubah panggilan pensiunan jadi pensiunan dan Janda ABRI/Janda pensiunan jadi Warakawuri,
Memutuskan tanggal 12 September sebagai hari Pensiunan dan hari lahir PEPABRI.
Maka tanggal 12 September mengingati hari apa? Tanggal 12 September diperingati sebagai Hari Pensiunan yaitu hari lahir PEPABRI atau HUT PEPABRI.

About admin

Check Also

Mengenali Shinta Ratri, Pimpinan Pesantren Waria Salah satu di Dunia

Mengenali Shinta Ratri, Pimpinan Pesantren Waria Salah satu di Dunia Pimpinan Pesantren Waria Al-Fatah Shinta …