Anies Yakinkan Pangan Murah Bersubsidi Diterima 1,1 Juta Masyarakat DKI Jakarta

Anies Yakinkan Pangan Murah Bersubsidi Diterima 1,1 Juta Masyarakat DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengevaluasi pendistribusian pangan murah bersubsidi di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur. Program pangan murah bersubsidi ini dikasih ke 1,1 juta yang menerima yang dibagi lewat 312 lokasi di semua Jakarta.

“Pangan murah bersubsidi ini dikasih ke 1,1 juta yang menerima yang dibagi salah satunya melalui 312 lokasi di semua Jakarta lewat Pasar Jaya ada 159 lokasi, dengan RPTRA 108 rumah atur ada 30, selanjutnya di Pulau Seribu, di 10 Pulau di Kepulauan Seribu, selanjutnya Dharmajaya ada empat lokasi dan PGC . Maka keseluruhan 321 lokasi,” kata Anies di Pasar Cipinang Kebembem,
Adapun paket pangan yang diberi terbagi dalam beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, ikan, dan susu. Anies menyebutkan melalui program ini warga perlu bayar paket pangan pada harga Rp 126 ribu.

“Warga jika beli di luar nilainya Rp 402 ribu. Tetapi mereka cuma bayar melalui program ini Rp 126 ribu . Maka bantuan nyaris 70 %,” katanya.

Penerapan pangan murah bersubsidi akan dilaksanakan mulai Januari 2022 sampai Desember 2022. Selanjutnya targetnya ialah anak-anak pemegang Kartu Jakarta Pandai (KJP), Kartu Lanjut usia Jakarta (KLJ), disabilitas, yang tinggal di rumah atur, beberapa guru honorer, PJLP dengan Gaji Minimal Propinsi (UMP) Rp 1,1 juta.

“Saya lanjutkan sedikit ya datanya. Ini untuk guru honorer ada 22 ribu guru honorer memperoleh. Lantas selanjutnya ada 14 ribu kader PKK, ada 14 ribu penyandang disabilitas, selanjutnya pekerja ada 45 ribu dengan kartu Karyawan Jakarta, PJLP ada 46 ribu, lanjut usia ada 104 ribu lanjut usia, jika pemegang KJP ada 480 ribu,” terang Anies.
Mengurangi beban hidup
Anies mengharap lewat program pangan murah bersubsidi ini bisa mengurangi beban hidup warga dalam penuhi keperluan primer di tengah-tengah keadaan peningkatan harga pangan.

“Menjadi program ini diharap bisa menolong mengurangi beban warga di pekan-pekan yang sekarang ini warga rasakan penekanan ekonomi yang lumayan besar, di mana beberapa biaya alami kenaikan,” jelasnya.

Disamping itu, Anies mengutarakan jika ada tiga Badan Usaha Punya Wilayah (BUMD) DKI Jakarta yang ikut memiliki peran penting dalam stabilisasi harga pangan di Jakarta. Peran tiga BUMD dalam masalah ini adalah lakukan kerjasama antara wilayah sampai pastikan suplai pangan.

“Dari sisi program bantuan, pengendalian atas suplai pangan yang ditangani oleh 3 BUMD kita, Dharma Jaya, Tjipinang FS, dan Pasar Jaya,” tutur ia.

Menurut Anies ke-3 BUMD tidak cuma sukses membuat harga keperluan primer di Jakarta konstan, tetapi membuat harga pangan jadi lebih murah dibandingkan daerah sekitaran Jakarta. Masalahnya tiga BUMD disebutkan Anies bisa lakukan kerja-sama lintasi wilayah dan punyai ekosistem yang sehat.
Anies Sebutkan Ada Pelaku Pasar Nakal yang Akibatkan Harga Pangan Naik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan ada pelaku petugas pasar yang sering ambil keuntungan yang lumayan besar pada proses transaksi bisnis di beberapa pasar tradisionil. Bahkan juga, menurut Anies aktornya hebat banyak.

Ini diutarakan Anies saat resmikan empat pasar tradisionil Perumda Pasar Jaya di Pasar Cipinang Kebembem,

“Ini ialah pesan untuk semua jika dalam sebuah ekosistem pangan itu ada aktornya hebat banyak. Nach kita ingin supaya semuanya yang bekerja pada tempat ini mengetahui jika ini ialah keperluan primer masyarakat,” kata Anies.

Anies tidak menguraikan seberapa banyak jumlah pelaku nakal penemuannya itu. Walau begitu, dia minta supaya seluruh pihak yang turut serta dalam ekosistem pasar lakukan transaksi bisnis yang sehat dan lumrah.

“Jika dalam transaksi bisnis-transaksinya itu ambil margin yang lumrah, karena itu pasar bakal menjadi sehat. Jika tidak lumrah jadi kurang sehat,” kata Anies.

Meresmikan 4 Pasar Tradisionil, Anies: Ini Tempat Hubungan Warga, Tidak boleh Sampai Lenyap
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat pasar Perusahaan Umum Wilayah (Perumda) Pasar Jaya yakni Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat.

Anies datang di Pasar Cipinang Kebembem pada jam 8.25 WIB. Saat sebelum resmikan Pasar Sawah Barat Jakarta Timur, Anies mengevaluasi PT Food Station Cipinang di Kompleks Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta Timur, saat sebelum berlanjut ke Pasar Cipinang Kebembem Jakarta Timur.

“Alhamdulillah ini hari empat pasar dapat disahkan secara bertepatan,” kata Anies di Pasar Cipinang Kebembem.

Pada pengesahan empat pasar ini, Anies berbicara keutamaan jaga kehadiran beberapa pasar tradisionil di DKI Jakarta. Menurut Anies pasar tidak cuma tempat berjumpanya penjual dan konsumen. Tetapi juga tempat berinteraksinya warga.

“Pasar ialah tempat berinteraksinya warga, karena itu pasar tradisionil janganlah sampai lenyap,” katanya.

Anies sampaikan jika cuma di pasar tradisionil ada seni tawar menawar yang tidak bisa dilaksanakan di pasar kekinian sekarang ini. Anies ingin seni supaya seni dan budaya tawar menawar masih tetap dipertahankan agar bisa diperkenalkan pada angkatan selanjutnya.

“Saya ajak ke semua agar ada program bawa anak untuk turut ke pasar bawa agar mereka terlatih dalam situasi transaksi bisnis pasar,” terang ia.

Karena kata Anies, hal itu jadi sisi proses dari mendidik supaya pasar masih tetap jadi simpul ekonomi. Ia merekomendasikan supaya pasar terus diperkembangkan sama sesuai jaman, tetapi tidak hilangkan seni menyanyikan lagu itu.

“Untuk beberapa pedagang ini dijaga baik ini sarana bersama, bila dijaga baik karena itu tempat ini akan panjang,” katanya.

Anies juga memberi pesan kesemua faksi supaya jadikan pasar untuk tempat cari keuntungan keuangan semata-mata. Ia ingin supaya kehadiran pasar tradisionil dilihat sebagai tempat menyejahterakan.

About admin

Check Also

Kritik Jokowi, Demokrat: Pimpinan Berpikir Rakyat Disaksikan dari Rekam Tapak jejak Bukan Fisik

Kritik Jokowi, Demokrat: Pimpinan Berpikir Rakyat Disaksikan dari Rekam Tapak jejak Bukan Fisik Partai Demokrat …