Apakah Pekerjaan Dan Kehidupan Pribadi Anda Sudah Seimbang ?

Tidak banyak orang sadar kalau mereka cenderung lebih mementingkan pekerjaan daripada kehidupan pribadinya. Ini tandanya hidup dan pekerjaan Anda sudah tidak seimbang. Kalau dibiarkan terlalu lama, selain kesehatan fisik kesehatan mental Anda pun taruhannya. Makanya, ayo kenali tanda-tandanya dan segera buat perubahan dalam hidup Anda.

Tidak menjaga diru
Orang yang mementingkan pekerjaan cenderung cuek atau masa bodoh dengan kondisi tubuhnya sendiri. Bagaimana mau tetap sehat jika sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk bekerja?
Kapan terakhir kali Anda tidur cukup atau berolahraga? Kapan juga terakhir kali Anda pergi ke bioskop atau ke salon untuk sekadar melepas penat? Atau apalah selama ini Anda tak lagi makan makanan rumahan dan hanya membeli junk food karena lebih praktis ?
Kalau hal diatas sudah mulai dialami, tandanya kesibukan pekerjaan membuat Anda hanya memikirkan deadline dan target tanpa ingat bahwa diri Anda juga harus diperhatikan.

Cepat stres, mudah marah dan gelisah

Ketika hidup dan pekerjaan sudah tidak seimbang, bukan hanya kesehatan fisik yang terancam tapi juga kesehatan mental Anda.
Mengurus pekerjaan tanpa kenal waktu membuat Anda rentan mengalami stres berkepanjangan. Akibatnya, Anda akan lebih mudah marah, gelisah, panik, bahkan hingga mengalami depresi. Lagi-lagi, hal ini muncul ketika otak Anda hanya memikirkan soal pekerjaan.

Kerap merasa tidak kompeten

Semakin lama bekerja semakin besar pula kekhawatiran seseorang akan pekerjaannya. Karenanya, Anda merasa bahwa apa yang sudah dilakukan tidak pernah cukup.
Anda selalu merasa kualitas kerja sedang menurun. Padahal hal ini mungkin hanya kekhawatiran yang muncul karena Anda terlalu berlebihan dalam bekerja.

Sering merasa kesepian

Ketika hidup dan kerja sudah tidak seimbang, Anda mulai merasa kesepian. Ini karena Anda kehilangan banyak sekali waktu dengan keluarga dan orang-orang yang Anda cintai.
Kalaupun sempat datang ke acara keluarga atau kumpul dengan teman, Anda sudah kehabisan energi untuk berinteraksi dan akhirnya Anda hanya berdiam diri mendengarkan tanpa banyak bicara.
Hal ini membuat Anda akhirnya merasa tersisih dan kesepian. Bahkan, hubungan dengan orang-orang terdekat pun mulai merenggang.

Tak ada batasan jelas antara urusan pekerjaan dan rumah

Salah satu tanda yang paling mudah terlihat ketika urusan hidup dan kerja tak seimbang yaitu Anda membawa pekerjaan ke rumah. Maksudnya, Anda masih menerima panggilan dan membuka e-mail soal pekerjaan di rumah atau bahkan ketika Anda sedang cuti.
Anda merasa harus siap siaga sepanjang waktu bahkan ketika cuti sekalipun. Akibatnya, Anda justru tidak bisa menikmati waktu istirahat sebagaimana mestinya.

About lastkinection

Check Also

Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan

Musim hujan bisa dibilang sebagai musim rawan penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih …