Bentrokan Pekerja di Morowali, Fraksi PKS DPR Paksa Interograsi Terbuka

Bentrokan Pekerja di Morowali, Fraksi PKS DPR Paksa Interograsi Terbuka

Ketua DPP PKS Kurniasih Mufidayati minta penyidikan yang terbuka dan akuntabel pada peristiwa bentrokan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi tengah.

Anggota Komisi IX DPR RI ini mengutamakan, penyidikan bisa juga dilaksanakan oleh elemen mandiri dengan mengikutsertakan penegak hukum dan pemerintahan untuk memperoleh akar permasalahan yang sebetulnya.

“Keselamatan beberapa pekerja khususnya anak negeri harus diproteksi. Ada peristiwa ini tentu ada akar pemicunya. Itu yang perlu diketemukan. Janganlah sampai cuma stop pada pemicu di saat peristiwa semata-mata tetapi perlu tarik ke belakang factor apa yang pada akhirnya membuat peristiwa ini meledak,” ungkapkan Kurniasih dalam penjelasannya,

Kurniasih mengutamakan implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 ialah harus harga. Hingga pelindungan pekerja terutamanya anak-anak bangsa betul-betul terjaga.

“Kemungkinan tim interograsi sekalian dapat menilai bagaimana penerapan proses K3 membuat perlindungan keselamatan kerja. Disamping itu info mengenai tindakan berhenti serikat pekerja saat sebelum peristiwa ini perlu dikeduk lebih dalam. Pokoknya harus ditegakkan ketentuan yang adil untuk semua tanpa membeda-bedakan,” tegas Kurniasih.

Kurniasih menyebutkan jalan keluar yang adil harus dilaksanakan supaya peristiwa serup tidak terulang lagi.

“Bila akar permasalahannya telah bertemu dan ada jalan keluar yang adil untuk semua pasti kita tidak menginginkan peristiwa ini terulang lagi di masa datang. Ini harus juga jadi perhatian untuk perusahaan yang dalam proyeknya memakai tenaga kerja asing dan tenaga kerja Indonesia,” lebih ia.

Benturan di PT GNI Dipacu Hasutan Ajakan Berhenti Kerja

Awalnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sampaikan duka cita atas tiga korban wafat karena benturan antarpekerja Pabrik Smelter PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI di Morowali Utara, Sulawesi tengah. Ia menerangkan jika benturan ini dipacu karena ada hasutan ajakan berhenti kerja.

“Kami dari faksi kepolisian tentu saja sampaikan berkabung sedalam-dalamnya ke semua keluarga korban berkaitan dengan kejadian bentrokan yang terjadi,” kata Listyo dalam konferensi jurnalis di Kantor Presiden Jakarta, Senin 16 Januari 2023.

“Benturan yang terjadi di perusahaan smelter GNI ini dipacu karena ada hasutan yang ada karena ada ajakan berhenti kerja dan ada banyak perisitwa yang berkaitan dengan permasalahan industrial yang waktu itu sedang dibicarakan,” ikat ia.

Selanjutnya, katanya, ada upload trending seakan-akan terjadi pukulan oleh tenaga kerja asing (TKA) pada tenaga kerja Indonesia (TKI). Perihal ini pula yang membuat benturan antarpekerja terjadi.

“Ada trending seakan-akan terjadi pukulan oleh TKA pada TKI, hingga berikut selanjutnya yang munculkan dampak hasutan dan menyebabkan berlangsungnya serangan,” tutur ia.

 

About admin

Check Also

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana Wakil …