BIN Rapat Tertutup dengan DPR Ulas Keamanan Data Menjelang Pemilihan presiden 2024

BIN Rapat Tertutup dengan DPR Bahas Keamanan Data Mendekati Pilpres 2024

Badan Intelijen Negara (BIN) mengadakan dengan Komisi I DPR membahas keamanan data mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rapat diselenggarakan secara terutup lebih dari dua jam. Kepala BIN Budi Gunawan irit bicara saat ditanya terkait pembahasan rapat.

Budi hanya menerangkan selain membahas permasalahan keamanan data siber, rapat membahas Ide Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKA-KL).

“Persoalan anggaran RKA KL. (Isu penting) persoalan keamanan siber, proses keamanan siber persiapan untuk keamanan Pemilu 2024,” kata Budi ditemui usai di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Nurul Bijakin berbicara bila DPR meminta info ke BIN permasalahan keamanan data siber. Karena menurutnya, BIN memiliki tanggung-jawab selain Badan Siber dan Code Negara (BSSN) dan Kominfo permasalahan keamanan data.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu berikan sanjungan penjelasan BIN terkait keamanan data, terutamanya dekati Pemilu dan Pilpres 2024.

“Saya kira dari info baru saja baik sekali programnya. Karena itu kita tidak mempercayakan di Kominfo atau BSSN saja tapi BIN punya program yang paling dalam menurut saya, ” katanya.

Nurul menerangkan rapat turut sentuh permasalahan isu kebocoran data oleh hacker anonim Bjorka akhir-akhir ini. Menurut DPR, hacker seperti Bjorka ada banyak.

“Iya, baru saja Bjorka dibahas. Kita tidak paham Bjorka itu ada di mana, tapi sebagian orang seperti Bjorka itu banyak bukan hanya Bjorka saja,” katanya.

Semantara itu, hasil tatap muka telah menyepakati jumlah anggaran untuk keamanan data BIN pada 2023 beberapa Rp3 triliun. Jumlah itu untuk kesemuanya program turunannya.

About admin

Check Also

Mulai 1 Desember 2022, Citilink Lebih Rute Penerbangan dari Bandara Halim

Mulai 1 Desember 2022, Citilink Lebih Rute Penerbangan dari Bandara Halim Maskapal penerbangan Citilink menambahkan …