BMKG: Siklon Nalgae Bergerak Menjauhi dari Daerah Indonesia

BMKG: Siklon Nalgae Bergerak Menjauhi dari Daerah Indonesia

Tubuh Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengawasi siklon tropis Nalgae di Laut Filipina atau di samping utara-timur laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, bergerak menjauhi dari daerah Indonesia.

“Siklon tropis Nalgae sekarang ini terlihat di Laut Filipina, dengan kecepatan angin maksimal 40 knots dan penekanan udara minimal 994 mb bergerak menjauhi dari daerah Indonesia,” begitu info BMKG lewat account Twitter sah @infoBMKG diawasi di Jakarta, Sabtu (29/10).

BMKG memprediksi intensif siklon itu akan kuat dan bergerak ke barat-barat laut, menjauhi dari daerah Indonesia berdasar hasil analitis yang diperbarui pada jam 07.00 WIB, Jumat (28/10).

Dalam analitis itu, siklon tropis itu ada sekitaran 1.000 km samping utara-timur laut Tahuna, Sulawesi Utara, dengan kecepatan angin maksimal 40 knots atau 75 km /jam.

Siklon 94W
Siklon tropis Nalgae hasilkan bibit siklon tropis 94W yang terlihat di Samudera Pasifik Barat samping utara Papua dengan kecepatan angin maksimal 15 knots dan penekanan udara minimal 1.009,3 mb.

BMKG memprediksi kekuatan bibit siklon 94W itu tumbuh jadi siklon tropis di dalam 24 jam di depan pada bentang kelompok rendah.

Adapun sepanjang 24 jam semenjak penyempurnaan analitis pada Jumat (28/10) jam 07.00 WIB, diprediksi imbas siklon Nalgae ialah hujan sedang sampai lebat di daerah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Selanjutnya angin ribut dengan kekuatan capai 25 knots di Selat Makassar Sisi Utara, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Kalimantan Timur, Sulawesi tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Disamping itu, gelombang laut dengan tinggi 1,25 sampai 2,5 mtr. diprediksi terjadi di Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Natuna, Selat Makassar Sisi Utara, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sitaro.

Selanjutnya perairan selatan Kepulauan Sangihe-Talaud, perairan utara Halmahera, perairan Morotai, Laut Halmahera-Samudera Pasifik utara Papua Barat.

Untuk imbas bibit siklon 94W diprediksi gelombang laut tinggi 1,25-2,5 mtr. di Samudera Pasifik utara Papua Barat-Papua, gelombang laut tinggi 2,5 sampai 4 mtr. diprediksi terjadi di perairan utara Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud dan Samudera Pasifik utara Halmahera.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …