Dishub DKI Masalah Gagasan Pemerolehan KCI oleh Pemerintah provinsi: Instruksi Presiden Jokowi

Dishub DKI Masalah Gagasan Pemerolehan KCI oleh Pemerintah provinsi: Instruksi Presiden Jokowi

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyikapi masalah gagasan Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) DKI Jakarta beli saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai operator kereta commuter line lewat PT Model Integratif Jabodetabek (MITJ).

Menurutnya peraturan ini sebagai sisi dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Walau begitu, Syafrin menyebutkan tidak ada ulasan terkini hal itu.

Dijumpai, Pemerintah provinsi DKI merencanakan beli saham PT KCI lewat PT Model Raya Terintegrasi (MRT) Jakarta. Bujet untuk beli saham sejumlah Rp1,7 triliun yang mengambil sumber dari Pelibatan Modal Wilayah (PMD) APBD DKI 2023 yang disodorkan PT MRT Jakarta.

“Ini kan instruksi ratas Pak Presiden yang notulasinya telah ada, maknanya jakarta terus berusaha apa yang telah diamanahkan pak Presiden untuk pemerolehan KCI,” tutur Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta.

Jika terlaksana, Pemerintah provinsi DKI diprediksi akan memilki saham sebagian besar sejumlah 51 % dalam PT KCI. Dengan mengakuisisi commuter line, karena itu Pemerintah provinsi DKI akan gampang untuk lakukan pengintegrasian.

Syafrin sampaikan gagasan mengakuisisi commuter line ini telah lama disampaikan. Tetapi, terhalang bujet karena Wabah Covid-19.

“Ini yang tetap kita temui pasti dengan mencari beberapa sumber (bujet) lain sama sesuai ketetapan,” katanya.

Integratifkan Service Model Raya Terintegrasi

Syafrin menerangkan bila gagasan Pemerintah provinsi DKI untuk beli saham PT KCI diwujudkan, maka dilaksanakan pengintegrasian commuter line dengan Model Raya Terintegrasi (MRT), Lintasi Raya Terintegrasi (LRT), dan bis Transjakarta. Disamping itu, integratif meliputi service dan biaya.

“Pasti salah satunya maksudnya bagaimana kita dapat integratif secara utuh semua jasa angkutan umum di Jabodetabek, demikian ada service ini, karena itu demikian diintegrasikan karena itu faedahnya untuk warga mobilisasinya menjadi lebih efektif,” katanya.

 

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …