Ditlantas Lebih 70 Unit Camera ETLE Statis di 2023

Ditlantas Lebih 70 Unit Camera ETLE Statis di 2023

Direktorat Lalu Lintasi Polda Metro Jaya akan terima 70 unit camera Elektronik Trafik Law Enforcement (E-TLE) statis yang digunakan untuk menangani pelanggar jalan raya di batas jalan DKI Jakarta.

Kasie Laka Lalu Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Edi Purwanto menjelaskan, 70 unit camera ETLE sebagai hibah dari Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta.

“Insyaallah kelak tahun 2023 ada aktualisasi hibah dari Pemerintah provinsi DKI Jakarta sekitar 70 camera ETLE statis,” katanya dalam dialog bertema ‘Seberapa efisien e-TLE saat penghilangan tilang manual?’ yang diadakan Komunitas Reporter Polri di teritori Jakarta Selatan, Jumat.

Edi menyebutkan, camera ETLE akan terpasang di beberapa titik yang belum dapat dijangkau camera E-TLE statis.

“Kelak akan terpasang di lokasi yang kiranya sekarang ini belom tercover camera ETLE statis yang telah dipasang,” tutur ia.

Edi menyebutkan, sekarang ini ada 57 camera ETLE statis yang menyebar di berbagai batas jalan DKI Jakarta. Adapun tipe terdiri jadi dua yakni camera ETLE cekpoint dan camera ETLE E-Police.

“Perbedaannya ada di kekuatan mencapture dibanding pelanggaran. ETLE check poin ambil gambar dengan tipe pelanggaran seperti menyalahi ganjil-genap, atau mungkin tidak memakai sabuk saat berkendaraan. Dan, ETLE E-police dipasang di trafik light sanggup ambil tipe pelanggaran seperti marka jalan,” tutur ia.

Disamping itu, Edi menyebutkan, Direktorat Lalu Lintasi kini sedang meningkatkan ETLE mobile. Gagasannya ada 10 ETLE mobile yang dikeluarkan pada 6 Desember 2022 kedepan.

“Sekarang ini kami baru mewujudkan InsyaAllah 10 ETLE mobile yang baru siap 1 unit. Yang baru tahapan perangkaian yakni ada 9 unit ETLE,” tutur ia.

Selanjutnya, Edi menjelaskan, faksinya merencanakan memakai ELTE portable. Adapun, memiliki bentuk seperti tripod.

Berkaitan ini, Ditlantas Polda Metro Jaya sudah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

“Beberapa waktu lalu saya sempat dialog dengan kawan-kawan Dishub bagaimana untuk pengusutan parkir liar, lajur sepeda, dan kelak akan kami taruh ETLE portable berbentuk tripod,” tutur ia.

Edi menjelaskan, pada tahapan awalnya akan disediakan satu atau dua unit ETLE dengan wujud tripod. Hingga, Polantas yang bekerja dapat semakin konsentrasi menertibkan lalu lintas.

“Tinggal ditaruh di sana. Polisi sekalian atur, kelak telah merekam sendiri.” sebut ia. Ini, katanya sudah diulas bersama team IT Direktorat Lalu Lintasi Polda Metro Jaya.

“Barusan kami telah koordinir dengan team IT-nya,” pungkas ia.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …