Hari Paling akhir Jokowi di Kamboja, Hadiri Diskusi ASEAN Global sampai KTT Asia Timur

Hari Paling akhir Jokowi di Kamboja, Hadiri Diskusi ASEAN Global sampai KTT Asia Timur

Presiden Joko Widodo akan mendatangi beberapa jadwal pada hari kelimanya ada di Kamboja saat sebelum berangkat ke Tanah Air, Minggu.

Diambil dari presidenri.go.id, Jokowi memulai agendanya dengan mendatangi Diskusi ASEAN Global kedua yang hendak diadakan di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja. Setelah itu, Jokowi akan ikuti Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur ke-17.

Seterusnya, Jokowi akan mendatangi upacara penutupan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 dan KTT berkaitan yang lain, sekalian penyerahan keketuaan ASEAN dari Kamboja ke Indonesia.

Di siang harinya, Jokowi akan ke arah Lapangan terbang Internasional Phnom Penh untuk selanjutnya tinggal landas ke arah Indonesia. Presiden dan kelompok diperkirakan akan landing di Lapangan terbang Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Seperti dijumpai, serangkaian KTT ASEAN di Kamboja berjalan semenjak Kamis tempo hari sampai Minggu.

Saat sebelum pergi ke Kamboja, Jokowi sampaikan jika salah satunya konsentrasi Indonesia dalam KTT ASEAN itu ialah berkenaan keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depannya yang kan mengangkat topik “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” pada keketuaan ASEAN tahun 2023.

“Pokoknya Indonesia inginkan supaya ASEAN masih tetap penting dan berkaitan atau matters dan Indonesia inginkan Asia Tenggara masih tetap jadi epicentrum of growth,” tutur Jokowi, Rabu.

Menurut Jokowi, itu bukan pekerjaan gampang karena dunia masih hadapi rintangan besar pada 2023 dan ASEAN mempunyai rintangan intern yaitu keadaan di Myanmar.

Sesudah jalani serangkaian tatap muka KTT di Phnom Penh, Jokowi akan balik ke Tanah Air pada 13 November 2022 malam hari dan langsung ikuti serangkaian KTT G20 di Bali. “Saya akan datang di Bali, insya Allah, tanggal 13 November malam dan langsung lakukan aktivitas berkaitan G20,” katanya.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …