Imbas Gempa Cianjur, Pendakian Gunung Besar Pangrango Ditutup Sementara

Imbas Gempa Cianjur, Pendakian Gunung Besar Pangrango Ditutup Sementara

Balai Besar Taman Nasional Gunung Besar Pangrango (TNGGP) tutup sementara lajur pendakian karena ke-2 gunung. Argumennya karena lajur pendakian alami retakan dan longsor sesudah gempa bumi magnitudo 5,6 mengguncangkan Cianjur.

Humas Balai Besar TNGGP, Agus Deni menjelaskan, sesudah gempa terjadi team kombinasi Warga Partner Polhut, Volunteer Montana, sampai Besar Pangrango Operation lakukan pengujian di beberapa lajur pendakian dan mendapati retakan di gempar bibir kawah Gunung Besar.

“Kami mendapati longsoran kecil di dua lajur pendakian Ciputri dan Cibodas, hingga untuk memperhitungkan hal yang tidak diharapkan, pendakian untuk ditutup sementara sampai batasan saat yang tidak dapat ditetapkan,” ucapnya saat dikontak, Sabtu (26/11).

Faksinya menguraikan lajur pendakian Cibodas ada dua titik longsoran persisnya di tempat Cisalada sejauh 10 mtr. dan hal sama di Lajur pendakian Gunung Putri diketemukan retakan sejauh 7 mtr. di block Romusa dan longsoran sejauh 8 mtr. dengan tinggi 3 mtr. di block Tanah Merah.

Retakan diketemukan di lokasi air panas Kandang Badak yang bisa dicapai dari lajur pendakian Cibodas, tembok shelter air panas rengat dan pintu gerbang pos I ambruk karena gempa magnitudo 5,6. Hingga rekondisi akan selekasnya dilaksanakan sepanjang pendakian ditutup.

“Kami tidak dapat pastikan pendakian ditutup sampai kapan, tetapi usaha pengatasan selekasnya dilaksanakan. Gempa susulan yang umum terjadi menghalangi pengatasan cepat,” tutur Agus seperti dikutip dari Di antara.

Sepanjang penutupan pendakian dilaksanakan, faksinya masih tetap lakukan pemantauan bersama dengan mengawasi keadaan terbaru Gunung Besar Pangrango saat gempa. Semua petugas dan sukarelawan disiagakan di dua pintu masuk pendakian supaya tidak ada pendaki ilegal yang memaksa diri naik.

About admin

Check Also

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana Wakil …