Inklusi Keuangan Pria dan Wanita Semakin Sama dengan Karena Financial technology

Suara.com – Anggota Dewan komisioner OJK Sektor Pembelajaran dan Pelindungan Customer Friderica Widyasari menyebutkan perusahaan keuangan berbasiskan tehnologi (fintek) bisa mengecilkan jarak tingkat literatur dan inklusi keuangan di antara wanita dan pria di Indonesia.

“Kita masih perlu tutup ketimpangan yang masih ada di antara wanita dan lelaki, baik pada literatur keuangan atau inklusi keuangan, dan fintek saya percaya bisa menjadi jalan keluar untuk permasalahan ini,” katanya saat datang di Komunitas Kedutaan Besar AS bertema “Wanita dalam Fintek”, Kamis (11/8/2022).

Mengarah pada Survey Nasional Literatur dan Inklusi Keuangan Tahun 2019, index literatur dan inklusi keuangan Indonesia masing-masing capai 38,03 % dan 76,19 %.

Untuk index literatur dan inklusi keuangan wanita baru capai 36,13 % dan 75,15 %, sementara lelaki semakin tinggi yaitu 39,94 % dan 77,24 %.

“Semua bukti ini memperlihatkan jika wanita memerlukan perhatian khusus. Saya individu yakin jika, akses ke tehnologi keuangan akan menolong dalam lebih memajukan arah inklusi keuangan dengan bawa wanita ke mekanisme,” katanya.

Hingga, OJK akan berusaha perkuat pembelajaran keuangan dan meluaskan akses keuangan untuk wanita sebagai target fokus, yang sudah dilakukan baik secara bertemu muka atau lewat fasilitas digital.

OJK akan mendayagunakan Unit Pekerjaan Pemercepatan Akses Keuangan buat mengenalkan pola credit menantang rentenir untuk wanita di daerah perdesaan yang sering terjerat utang rentenir dengan bunga tinggi sekali.

“Feature khusus dari pola ini ialah utang dalam jumlah yang lebih kecil, yang bisa dijangkau secara cepat dan memiliki biaya rendah. Beberapa dusun bahkan juga memutuskan ketentuan bunga 0 yang paling menolong wanita di wilayah perdesaan,” katanya, diambil dari Di antara.

OJK akan perkuat rangka pelindungan customer di zaman digital untuk jaga keyakinan wanita pada mekanisme keuangan resmi.

“Sebagai dasar dalam membuat industri keuangan yang kuat, OJK terus akan perkuat pelindungan customer untuk jaga keyakinan wanita manfaatkan produk dan service keuangan,” ujarnya.

About admin

Check Also

Kritik Jokowi, Demokrat: Pimpinan Berpikir Rakyat Disaksikan dari Rekam Tapak jejak Bukan Fisik

Kritik Jokowi, Demokrat: Pimpinan Berpikir Rakyat Disaksikan dari Rekam Tapak jejak Bukan Fisik Partai Demokrat …