IPW Meminta Warga Tidak boleh Takut Mengomentari Polri

IPW Meminta Warga Tidak boleh Takut Mengomentari Polri

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Tegar Santoso minta warga supaya tidak takut untuk mengomentari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Menurut Sugeng, Polri di bawah kepimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, sekarang ini tidak antikritik.

“Masalah pemantauan oleh warga tidak boleh takut (mengomentari Polri),” kata Sugeng. Diambil dari Di antara, Sabtu.

Menurut Sugeng, berdasar riset yang sudah dilakukan IPW semenjak 2021, gempuran untuk gempuran ke lembaga Polri diterima secara baik sebagai kritikan yang membuat.

“Kami mempelajari sepanjang Pak Listyo jadi Kapolri, benar ada yang tahun 2021 itu ada yang diamankan pengkritik, selanjutnya diperintah untuk terlepas. Itu umumnya oleh kepolisian-kepolisian di daerah. Kritikan sekuat apa saja saat ini didengarkan dan diterima tanpa serbuan balik,” papar Sugeng.

Pada tahun 2022, sambungnya, ada kasus penegakan hukum pada seorang advokat yaitu Alvin Lim. Penangkapan pada Oktober lalu di Bareskrim Polri bukan oleh polisi, tetapi oleh beskal berkaitan kasus lain.

Alvin Lim melemparkan kritikan yang bisa menjadi bahan untuk lakukan serbuan balik untuk Polisi.

“Malah ada seseorang ya, Alvin Lim diamankan tetapi bukan oleh polisi, tetapi oleh kasus lain, bahkan juga ia serang polisi mati-matian. Pak Sisno Adiwinoto, Ketua Pensiunan Polri, menyarankan agar dilaksanakan perlakuan laporan oleh polisi, tetapi tidak dilaksanakan sampai saat ini . Maka, maknanya memang Pak Kapolri program dengar warga itu, tidak antikritik, memang digerakkan,” terangnya.

IPW mengaminkan pembangunan satu instrument yang bisa melegitimasi perlakuan Kapolri supaya dituruti semua korps-nya. Keinginannya, di depan Polri menjadi lembaga yang betul-betul antikritik.

“Tetapi ini benar harus dibuat pada sebuah instrument, minimal surat perintah demikian ke semua pimpinan, jika kritikan jangan dibalas dengan laporan pidana,” paparnya.

Maka dari itu, untuk pembaruan Polri, Sugeng minta warga tidak takut untuk ikut mengambil sisi, dengan bersama lakukan pemantauan pada Polri dan memberikan laporan pelaku-oknum penegak hukum yang lakukan pelanggaran.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …