Kapolri Tunjuk Irjen Toni Harmanto Jadi Kapolda Jawa timur Menggantikan Irjen Teddy Minahasa yang Diamankan

Kapolri Tunjuk Irjen Toni Harmanto Jadi Kapolda Jawa timur Menggantikan Irjen Teddy Minahasa yang Diamankan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Toni Harmanto untuk isi kedudukan Kapolda Jawa Timur (Jawa timur) gantikan Irjen Teddy Minahasa yang diamankan karena diperhitungkan turut serta peredaran narkoba. Hal tersebut tercantum pada surat telegram yang diedarkan Sigit.

“Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH NRP 65100566 Kapolda Sumsel dijadikan Kedudukan Baru Sebagai Kapolda Jawa timur,” begitu isi surat telegram terkini Kapolri.

Kepala Seksi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo benarkan Teddy Minahasa dimutasi lewat surat telegram itu.

“Ya benar, penangguhan Irjen Pol TM, pergantian beberapa kapolda yang pensiun, dan promo yang lain buat tingkatkan performa organisasi,” kata Dedi saat diverifikasi.

Dalam surat telegram itu, Irjen Pol Teddy Minahasa yang awalannya dimutasikan sebagai Kapolda Jawa Timur (Jawa timur) sekarang diganti jadi petinggi tinggi (Pati) Servis Basis (Yanma) Mabes Polri. Awalnya Teddy dipilih jadi Kapolda Jawa Timur gantikan Irjen Nico Afinta.

Nico dicabut dari kedudukan Kapolda Jawa Timur sesudah Bencana Kanjuruhan yang tewaskan 132 orang. Sekarang ia menempati status Staff Pakar Kapolri sektor Sosial Budaya (Sahlisosbud).

Sigit menjelaskan, keterkaitan Teddy dalam kasus peredaran narkoba tersingkap proses dari penangkapan tiga orang oleh penyidik Polda Metro Jaya. “Bermula dari laporan warga sukses ditangkap tiga orang dari warga sipil,” kata Sigit.

Kemudian, kata Sigit, penyidik Polda Metro Jaya selanjutnya meningkatkan kasus dari info tiga orang yang terlebih dahulu diamankan.

Dari peningkatan kasus diketemukan keterkaitan polisi dalam sangkaan peredaran narkoba itu.

Polisi yang diperhitungkan turut serta peredaran narkoba itu ialah seorang polisi berpangkat Bripka dan seorang polisi berpangkat Kompol yang memegang sebagai Kapolsek.

Penyelidikan, kata Sigit, selanjutnya diperkembangkan kembali sampai ke arah ke seorang pengedar.

Dari si pengedar itu, kata Sigit, penyidik mendapati ada keterkaitan seorang Polisi berpangkat AKBP yang disebut bekas Kapolres Bukittinggi, Sumatera Barat.

“Dari sana kita menyaksikan ada keterkaitan Irjen TM. Atas dasar hal itu tempo hari saya meminta Kadiv Propam untuk jemput yang berkaitan dan lakukan pengecekan,” kata Sigit. Lalu pada Jumat¬† pagi dikerjakan gelar kasus dan mengatakan sekarang ini Teddy Minahasa dipastikan sebagai tersangka pelanggar.

Sekarang ini penyidik Polda Metro Jaya telah memutuskan Teddy sebagai terdakwa.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …