Kasus Covid-19 Bertambah, Pimpinan Komisi IX Meminta Pemerintahan Penilaian Aktivitas Penghimpunan Massa

Kasus Covid-19 Bertambah, Pimpinan Komisi IX Meminta Pemerintahan Penilaian Aktivitas Penghimpunan Massa

Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris menekan pemerintahan lakukan penilaian aktivitas yang mengikutsertakan massa dengan jumlah besar.

Hal tersebut susul bertambahnya angka penebaran Covid-19 subvarian Omicron XBB.

“Bukannya longgarkan prosedur kesehatan (prokes) seperti gagasan awalnya Oktober 2022, pemerintahan malah harus mempersiapkan beberapa langkah mengantisipasi pada kekuatan ledakan kasus yang dipacu oleh penebaran variasi Omicron XBB ini,” tutur Charles dalam penjelasannya, Sabtu.

Dia menyaksikan, belakangan ini semakin ramai beragam aktivitas warga yang mengikutsertakan jumlah massa besar.

Pemerintahan, menurut dia, perlu ambil lankah mengantisipasi supaya kasus Covid-19 tidak lagi meletus. “Terutama bila dalam aktivitas itu penegakan prokes susah untuk diaplikasikan,” katanya. Di lain sisi, Charles mengharap vaksinasi Covid-19 jumlah ke-3 atau booster harus terus dipertingkat.

Usaha itu menjadi satu diantara jalan keluar untuk meredam pergerakan penebaran Covid-19. “Semua factor pemicu lambannya vaksinasi booster, seperti kebatasan stock vaksin di wilayah, harus selekasnya ditangani,” papar Charles.

“Kembali lagi pergerakan vaksinasi kita harus berkejaran dengan pergerakan penebaran virus yang makin cepat karena subvarian XBB,” pungkasnya. Adapun berdasar data pemerintahan Jumat perolehan vaksinasi booster masih rendah yaitu di angka 27,83 %. Dijumpai angka Covid-19 subvarian Omicron XBB bertambah jadi 12 kasus per 3 November 2022.

Juru Berbicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) M Syahril menerangkan dua orang terkena saat lakukan perjalanan dari Singapura.

Sementara 10 orang yang lain terjangkit karena transmisi lokal. Tetapi dari jumlahnya itu tidak ada yang menderita tanda-tanda berat.

“Telah karantina mandiri dan sekian hari saja telah pulih. Memang karakter subvarian XBB tingkat keparahannya tidak berat,” ungkapkan Syahril, Jumat.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …