KPK Sebutkan Korupsi Mulai Membudaya di Indonesia, Ini Tanda-tandanya

KPK Sebutkan Korupsi Mulai Membudaya di Indonesia, Ini Tanda-tandanya

Wakil Ketua Komisi Pembasmian Korupsi ( KPK ) Johanis Tanak cemas sikap korupsi jadi budaya di Indonesia. Tanda-tandanya, cukup banyak aktor korupsi yang ketangkap KPK, menganggap sebagai sebuah kemalangan atau nasib sialnya saja.

“Banyak aktor tindak pidana korupsi yang ketangkap oleh KPK, cuma dipandang sedang apes atau sial. Ini mengisyaratkan jika sikap korupsi mulai jadi budaya oleh warga Indonesia terhitung oleh aktor dunia usaha,” kata Johanis dalam sambutan Tuntunan Tehnis (Bimtek) Pendayagunaan Dunia Usaha Antikorupsi di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawesi Utara, seperti diambil dari info sah KPK, Sabtu.

Untuk menghindarinya, kata Johanis, KPK ingin membudayakan sikap antikorupsi, satu diantaranya lewat tuntunan tehnis antikorupsi untuk BUMN, BUMD atau faksi swasta.

Menurut Johanis, korupsi bukan hanya bikin rugi keuangan negara, tetapi juga menghancurkan budaya bangsa sampai kemunduran kepribadian pribadi rakyat Indonesia.

Karenanya perlu kesadaran seluruh pihak untuk memberantas korupsi. Johanis mengaku jika usaha represif KPK bukan satu jalan keluar untuk memberantas korupsi. KPK selanjutnya merangkum tiga taktik trisula untuk memberantas korupsi, yaitu taktik pengajaran, penangkalan, dan pengusutan.

“Akan tetapi, ke-3 taktik itu tidak jalan efisien dan memiliki daya buat bila tidak ada ikut serta warga, terhitung aktor usaha,” ucapnya.

Johanis minta ikut serta aktif semua komponen warga, terhitung warga dunia usaha dalam pembasmian korupsi. Kata Johanis, KPK menyimpan perhatian serius korupsi di bidang di dunia usaha. “Lewat aktivitas ini diharap terbentuk beberapa agen peralihan, perintis-pelopor antikorupsi di Sulawesi Utara yang nanti akan menyebarkan ke bawahannya atau lingkungan kerja disekelilingnya untuk menebarkan nilai-nilai antikorupsi,” ucapnya.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …