Liburan Panjang Tahun Baru Imlek 2023, Konsumsi Listrik Jakarta Masih tetap Tinggi

Liburan Panjang Tahun Baru Imlek 2023, Konsumsi Listrik Jakarta Masih tetap Tinggi

Seperti perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya jaga keunggulan dan tersedianya suplai listrik untuk perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

PLN memprediksi beban puncak pada 22 Januari 2023 sejumlah 3.872 Mega Watt (MW). Dan pada cuti bersama 23 Januari 2023 sejumlah 4.909 MW.

Walau demikian, General Manajer PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan jamin, PLN siap jaga suplai listrik sepanjang Hari Raya Imlek ini sampai cuti bersama Senin esok.

“Silahkan rayakan perayaan Imlek dan akhir minggu yang panjang secara nyaman. Kami memiliki komitmen jaga keunggulan suplai listrik Jakarta dengan suplai listrik yang cukup dan terus-terusan,” hebat Doddy,

Dia menjelaskan, sekitar 2.356 personel menyebar di 17 posko bersiaga secara shift sepanjang 24 jam satu hari. Mereka siap sedia sepanjang perayaan Tahun Baru Imlek berjalan, baik di beberapa rumah ibadah atau pusat-pusat keramaian.

Ada 178 vihara di Jakarta sebagai pengamatan PLN dalam perayaan Imlek ini kali. DKI Jakarta sendiri disuplai dari 6 subsistem dengan keseluruhan 7.205 Mega Watt (MW), dengan rerata beban puncak sejumlah 5.514 MW.

“Masih tetap ada cadangan suplai listrik sejumlah 28,41 % untuk penuhi keperluan listrik kota Jakarta,” jelas Doddy.

Sebagai peralatan simpatisan disiagakan 6 unit Uninterrupted Power Suplai (UPS) dengan keseluruhan daya 890 KVA, 4 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) sejauh 1.600 KM, 21 unit Unit Gardu Bergerak (UGB) keseluruhan daya 14.480 KVA, 8 unit genset kemampuan 2.375 KVA, 7 unit kendaraan diagnosis dan 4 unit crane di Jakarta dan sekelilingnya.

Perayaan Imlek ini kali bersamaan dengan liburan panjang akhir minggu, dan melalui batasan akhir tanggal pembayaran listrik tiap tanggal 20. Doddy lalu minta konsumen setia PLN tak perlu cemas tidak dapat bayar listrik saat hadapi liburan akhir minggu panjang.

“Melalui program PLN Mobile, konsumen setia dapat bayar bill listriknya secara mudah. Silahkan memanfaat keringanan yang ada, dan nikmati listriknya secara nyaman. PLN siap jaga keberlangsungan suplai listriknya,” tandas Doddy.

Jokowi Katakan Selamat Tahun Baru Imlek, Berharap Besok Lebih Berbahagia dan Sejahtera

Awalnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 ke warga yang rayakannya. Ia mengharap, tahun kelinci air ini bawa kebahagian dan perkembangan untuk semua.

“Periode ganti, tahun berakhir, dan rintangan bisa berbeda, tapi satu yang selalu harus datang yakni keinginan jika besok semakin lebih berbahagia, sejahtera, dan makin maju. Gong xi fa cai,” catat Jokowi diambil dari account Instagram resminya,

Jokowi mengupload gambar animasi yang berisi situasi perayaan Imlek 2023. Didalamnya berkenaan keluarga yang sedang bergabung dan makan bersama-sama dan mereka menggunakan topi menyimbolkan 12 shio. Ada juga barongsai dan kelinci.

Kelihatan juga beberapa anak yang sedang bermain lato-lato dan kucing warna oranye yang menggunakan baju barongsai tengah memanjat pohon yang berisi jeruk dan angpao.

Gambar yang diupload Jokowi itu diperlengkapi dengan musik ciri khas Imlek.

Puan Maharani Mengajak Warga Menjaga Serasi dan Persaudaraan

Ketua DPR RI Puan Maharani ucapkan selamat menyongsong Tahun Baru Imlek Tahun 2023 ke warga Tionghoa di tanah air. Ia mengharap Imlek dapat makin bawa kenyamanan dan kemakmuran.

“Selamat Tahun Baru Imlek 2023 ke saudara-saudara kami yang rayakannya. Mudah-mudahan Tahun Baru Imlek bawa kenyamanan dan kemakmuran untuk kita semua. Gong Xi Fa Cai,” kata Puan dalam penjelasannya,

Ia menjelaskan, momen perayaan Imlek ini jadi pembawa semangat persaudaraan dan jaga serasi antara umat.

“Silahkan menyongsong Imlek dengan semangat persaudaraan. Kita menjaga serasi dengan sama-sama menolong keduanya dan terus gotong-royong untuk Indonesia jaya,” ungka Politisi PDIP ini.

Khusus ke umat Khonghucu, Puan mengharap perayaan Imlek 2023 bisa bawa keberkahan. Apa lagi, keadaan Covid-19 telah lebih bagus pada Hari Raya Imlek tahun ini.

“Selamat rayakan Imlek dengan penuh gembira untuk umat Khonghucu. Mudah-mudahan saudara sekaligus bisa rayakan hari Raya Imlek dengan aman dan lancar,” tutur Puan.

Wakil presiden Ma’ruf Amin: Momen Perkokoh Kebersamaan Bangsa

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, yang diperingati pada Minggu, 22 Januari 2023 jadi momen pengokohan kebersamaan bangsa Indonesia.

Ia menjelaskan Tahun Baru Masehi 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574 seyogyanya dirayakan dengan rasa sukur dan semangat untuk selalu bangun walau rintangan yang ditemui tidak enteng, supaya bangsa Indonesia terus bekerja maju bersama.

“Semangat perayaan Imlek sekiranya selalu jadi momen untuk seluruh bangsa Indonesia untuk perkuat kebersamaan dalam merealisasikan misi Indonesia yang semakin maju dan sejahtera,” kata Ma’ruf Amin dalam info video yang diterima di Jakarta,

Ma’ruf doakan supaya Tuhan selalu memperkuat kerukunan dan persaudaraan bangsa Indonesia dan melimpahi dengan kemampuan dan bantuan.

Dalam peluang itu, Ma’ruf Amin mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili ke semua umat Khonghucu dan masyarakat Indonesia yang rayakan.

“Saudara-saudaraku umat Khonghucu di Tanah Air dan di mana saja ada, saya ucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili,” tutur Wakil presiden Ma’ruf Amin.

 

About admin

Check Also

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana Wakil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *