Mau Langsing ? Ini Cara Diet Sehat Tanpa Membahayakan Tubuh

Banyak yang menganggap kalau diet adalah pola makan yang mengurangi porsi dan jenis makanannya. Padahal diet lebih dari kedua poin tersebut.
Diet Yang salah justru bisa menjadi bumerang bagi berat badan. Itulah mengapa, diet sehat harus dengan panduan yang tepat guna mengurangi berat badan.

• Menghitung kalori

Sebelum merancang menu makanan, cara tepat memulai diet sehat yaitu kenali kebutuhan kalori tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan berbagai faktor, seperti usia hingga kondisi kesehatan.
Dengan mendapatkan jumlah kalori yang tepat, tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan. Alhasil, fungsi tubuh akan berjalan normal, mulai dari berpikir, memompa darah, hingga bernapas. Jadi, sebelum merancang pola makan, kenali dahulu kebutuhan kalori agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.

• Mengatur porsi makan

Selain kebutuhan kalori, cara diet lainnya yang perlu diperhatikan yaitu mengatur porsi makan.
Saat menjalani diet, bukan berarti Anda harus menghindari berbagai jenis makanan. Pasalnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja Anda harus mengatur porsi makan dengan baik.

• Jadwal makan yang teratur

Banyak orang percaya, melewatkan waktu makan bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Faktanya, hal ini tidak benar. Tiap waktu makan sangat penting sebagai salah satu cara menjalani diet sehat.
Melewatkan makan justru membuat tubuh menjadi cepat lapar, gula darah naik-turun drastis, dan stres.
Jika ingin mengurangi porsi makan, Anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi kecil. Kuncinya, Anda tetap perlu menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Selain itu, pastikan pula untuk tidak melewatkan sarapan dengan makanan tinggi protein dan serat. Hal ini bertujuan agar tubuh merasa kenyang lebih lama hingga waktu makan siang tiba.

• Makan secara perlahan

Makan perlahan ternyata termasuk bagian dari cara aman untuk menjalani diet sehat. Metode ini terkadang membuat Anda merasa kenyang lebih cepat
Faktor rasa kenyang ini juga dipicu oleh otak. Otak juga memerlukan serangkaian sinyal dari hormon pencernaan yang disekresikan oleh saluran pencernaan.
Sedangkan, makan terlalu cepat justru tidak memberikan tubuh waktu yang cukup untuk mengirimkan sinyal hormonal tersebut. Akibatnya, Anda mungkin akan terus makan karena perut belum terpuaskan.

• Makan sampai tidak merasa lapar

Bila ingin program menurunkan berat badan berhasil, usahakan makan sampai tidak merasa lapar bukan sampai kekenyangan.
Tips diet sehat ini bertujuan agar tubuh tidak kelebihan energi yang nantinya akan disimpan sebagai lemak. Akibatnya, berat badan pun kembali naik. Maka dari itu, mulai dengarkan perasaan lapar dan makan ketika sudah tidak merasa lapar
Bila kurang yakin, coba untuk makan pagi dengan porsi yang banyak dan mengurangi porsi tersebut secara bertahap hingga makan malam.
Awalnya pasti akan terasa sulit. Tapi, cara menurunkan berat badan ini jauh lebih aman ketika Anda bisa menyesuaikan diri seiring dengan berjalannya waktu.

About lastkinection

Check Also

Burnout Syndrome, Sama-Sama Bikin Tertekan

Stres dalam pekerjaan sudah biasa, tetapi burnout syndrome adalah hal yang berbeda. Burnout syndrome adah …