Pemerintah provinsi DKI Keruk Lumpur Sungai Serempak di 5 Daerah

Pemerintah provinsi DKI Keruk Lumpur Sungai Serempak di 5 Daerah

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menggali sedimen lumpur dan sampah di beberapa kali atau sungai dan waduk serempak di lima daerah di ibukota sebagai usaha menahan banjir.

“Aktivitas ini dapat menahan berlangsungnya kubangan saat musim penghujan,” kata Kepala Dinas SDA DKI Yusmada Faizal di Jakarta.

Berkaitan jumlahnya lumpur dan sampah yang diangkut, Yusmada menghimbau masyarakat untuk disiplin buang sampah pada tempatnya, dan jaga kebersihan khususnya pada sungai, waduk, dan aliran air.

Dalam penerapan sergap lumpur, Dinas SDA DKI bekerjasama dengan wali kota, lintasi dinas, kelurahan, dan kecamatan di setiap daerah dengan kerahkan semakin banyak alat berat untuk pemercepatan pengerukan sedimen lumpur dan sampah.

Awalnya Dinas SDA DKI Jakarta melakukan sergap lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Pengerukan dilaksanakan pada fragmen segi barat, tengah dan tenggara Waduk Pluit.

Sergap lumpur di daerah itu sudah dilaksanakan semenjak Desember 2021 dengan periode waktu penerapan sepanjang 18 bulan dan masih berjalan sampai sekarang ini. Dinas SDA Jakarta kerahkan sekitar 250 personil untuk menggali sedimen lumpur dan sampah di Waduk Pluit terhitung operator alat berat, dan truk.

Selainnya di Waduk Pluit, pengerukan dilaksanakan setahap di beberapa kali atau sungai salah satunya Kali Cideng, Jakarta Pusat dan Kali Sekretaris di Jakarta Barat.

Pengerukan 8 Sungai
Di lain sisi, Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta sudah membudgetkan.membujetkan pembuatan pengerukan delapan sungai yang sejauh ini jadi penyumbang banjir di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan tugas pengerukan yang berjalan sepanjang 5 tahun itu telah sukses mengusung 2,lima juta mtr. kubik lumpur.

“Sampai sekarang ini, Dinas SDA DKI Jakarta masih lakukan pengerukan di beberapa sungai di Jakarta untuk tekan pengendapan lumpur,” sebut Anies.

 

About admin

Check Also

Mulai 1 Desember 2022, Citilink Lebih Rute Penerbangan dari Bandara Halim

Mulai 1 Desember 2022, Citilink Lebih Rute Penerbangan dari Bandara Halim Maskapal penerbangan Citilink menambahkan …