Presiden Jokowi Meresmikan Pabrik Biofarmasi Pertama di Asia Tenggara

Presiden Jokowi Meresmikan Pabrik Biofarmasi Pertama di Asia Tenggara

Presiden Jokowi resmikan pabrik biofarmasi pertama di Asia Tenggara namanya PT Etana Biotechnologies Indonesia di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Karena ada pabrik ini, Jokowi mengeklaim Indonesia dapat menghasilkan berdikari vaksin dengan pltform mNRA sebagaimana untuk vaksin Covid-19.

“Ini yang pertama di Asia Tenggara. Kita tidak ingin kembali ada wabah, tetapi jika dalam negeri siap industrinya, sekurang-kurangnya kita menjadi lebih tenang,” tutur Jokowi di Teritori Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Karena ada sarana pabrik ini, Jokowi menyebutkan tes medis vaksin baru dapat dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan. Hingga, ia minta seluruh pihak untuk memberikan dukungan kehadiran pabrik Etana Biotechnology ini.

“Saya meminta Menko dan Menteri kesehatan, industri seperti Etana ini disokong. Hingga bisa mengalami perkembangan dan masuk ke hewan dan tanaman hingga dapat berdikari dan mandiri,” kata Jokowi.

Dalam pada itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan berdirinya pabrik ini sebagai buah dari wabah Covid-19. Dia dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ke Shenzen, Cina untuk lakukan study banding berkenaan biotech.

Di negeri gorden bambu itu, Luhut dan Budi berjumpa dengan periset Shanghai Genomic Institute. Sesudah lakukan beberapa persetujuan, mereka pada akhirnya dapat bawa biotechnology itu ke Indonesia dan ditangani oleh Etana Biotechnology Indonesia.

Dalam pada itu, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan karena ada pabrik ini Indonesia berpeluang jadi hub Biotech dunia. Menurut Budi, Indonesia memilki keunggulan jadi hub biotech karena mempunyai keberagaman hayatinya.

“Dubai ingin kuasai jadi hub biotech, Singapura habis-habisan ingin jadi hub biotech, Korea Selatan, Amerika ingin masuk ke situ. Jika kita tidak berhati-hati, mereka masuk ke situ,” kata Budi.

Dalam produksi vaksin Covid-19, PT Etana Biotechnologies Indonesia akan bekerja bersama dengan perusahaan asal dari Cina, Suzhou Abogen Biosciences Co. Ke-2 perusahaan disebutkan menggamit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RSUP Pertemanan untuk kerjasama penelitian peningkatan dan tes klinisnya kelak.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …