Punyai APBD Sejumlah Rp11,36 Triliun, Ini Arah Pembangunan Surabaya Tahun 2023

Punyai APBD Sejumlah Rp11,36 Triliun, Ini Arah Pembangunan Surabaya Tahun 2023

Masuk tahun baru 2023, Pemerintahan Kota (Pemerintah kota) Surabaya sudah mempersiapkan beragam inovasi dan pengembangan. Dengan kemampuan APBD 2023 sejumlah Rp 11,36 triliun, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama barisan pemerintah kota memiliki komitmen untuk berusaha keras bersama untuk tingkatkan Index Pembangunan Manusia (IPM).

Kepala Badan Rencana Pembangunan Daerah, Riset dan Peningkatan (Bappedalitbang) Kota Surabaya Febrina Kusumawati menjelaskan sasaran yang paling luas itu telah sesuai topik APBD Surabaya 2023, yakni “Pengokohan Sumber Daya Manusia, Pemenuhan Keperluan Dasar dan Alih bentuk Ekonomi yang Inklusif Ke arah Kota Surabaya Yang Humanis dan Terus-menerus”. Arah akhirnya topik ini ialah IPM bertambah, Ekonomi tumbuh, pengangguran terbuka dan angka kemiskinan turun.

“IPM ini terdiri dari 3 dimensi dasar. Pertama, usia panjang dan hidup sehat atau sektor kesehatan. Ke-2 , pengetahuan atau sektor pendidikan. Ke-3 , standard hidup pantas atau sektor ekonomi . Maka, arah peraturan pembangunan Surabaya pada tahun 2023 kelak akan ke arah ke tiga sektor itu,” kata Febri.

Pemerintah kota Surabaya terus akan berusaha tekan angka stunting dan menahan timbulnya stunting baru. Karena itu, beragam usaha dari semua stakeholder terus dilaksanakan untuk bersama menangani stunting di Kota Surabaya.

“Walau angka kasus stunting semakin menurun, tetapi pengatasannya semakin lebih masif yang akan datang, kita telah persiapkan beberapa interferensi dari hulu sampai hulu,” tegasnya.

Seterusnya, pemerintah kota mengutamakan pembangunan rumah sakit baru di Surabaya Timur. Pembangunannya akan diawali tahun ini dan akan diteruskan tahun depannya, karena polanya multi years.

“Di bagian kesehatan, pemerintah kota menarget tahun ini semua kelurahan dengan status Open Defecation Free (ODF) atau setop bab asal-asalan, karena itu tahun ini kita targetkan ada 8 ribu titik pembikinan kloset,” tegasnya.

Sektor Pendidikan: Fasilitas Bimbel Gratis
Pemerintah kota Surabaya terus akan memberi beasiswa untuk penghafal kitab suci, beasiswa pemuda kuat yang terbagi dalam beasiswa SMA/SMK sederajat dan mahasiswa. Bahkan juga, tahun ini beasiswa untuk SMA/SMK sederajat itu paketnya ditambahkan untuk memberikan fasilitas lebih banyak siswa Surabaya yang memperoleh beasiswa dan yang terpenting tidak putus sekolah.

“Fasilitas bimbel gratis di balai RW terus akan digiatkan dan pemberian bantuan seragam ke pelajar akan terus diteruskan,” ucapnya.

Sektor Ekonomi

Seterusnya di bagian ekonomi, Pemerintah kota Surabaya terus akan memasifkan program padat karya di beberapa aset pemerintah kota yang menyebar di semua kecamatan. Bahkan juga, belanja APBD Surabaya untuk bidang UMKM dan produk dalam negeri (PDN) tahun 2023 diperkirakan sejumlah Rp 3 triliun, hingga segala hal yang berada di Pemerintah kota Surabaya dapat ditangani oleh UMKM.

“Beberapa hal yang hendak kami kerjakan pada tahun 2023 untuk manfaatkan dan mengoptimalkan dana Rp 3 triliun untuk UMKM itu. Mudah-mudahan masyarakat bisa juga manfaatkan kesempatan besar ini, tentu saja kelak bakal ada kenaikan kapabilitas tenaga kerja agar sesuai kwalifikasi dan ketetapannya,” katanya.

Peningkatan Tujuan Wisata Baru
Disamping itu, pemerintah kota akan terus lakukan pengaturan dan peningkatan tujuan wisata baru di Kota Surabaya. Setiap tujuan wisata baru itu, pemerintah kota akan mengikutsertakan UMKM dan pengendaliannya akan diberikan ke masyarakat kurang sanggup.

“Lewat beragam langkah ini, karena itu diharap banyak tenaga kerja yang teresap dan ekonomi Surabaya tetap bangun,” tegasnya.

Febri percaya diri bila semua gagasan ini dapat jalan sama sesuai gagasan, karena itu kemajuan ekonomi Surabaya terus akan merayap naik, dan IPM akan terkerek naik juga. Dan angka pengangguran terbuka dipercaya akan turun dan prosentase warga miskin akan menyusut.

“Pasti kita tidak dapat bekerja sendirian, perlu kerja sama dan kolaborasi dari semua pihak dan semua komponen warga. Silahkan memandang Surabaya di depan, kolaborasi kuat untuk Surabaya luar biasa,” ujarnya.

About admin

Check Also

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana Wakil …