Saat Ngilu Tidak Pulih, Seharusnya Diskusi ke Dokter Apa?

Saat Ngilu Tidak Pulih, Seharusnya Diskusi ke Dokter Apa?

Permasalahan ngilu biasanya diatasi oleh dokter specialist bedah saraf, dokter specialist ortopedi, sampai dokter specialist anestesi. Tetapi, sudah pernahkah Anda dengar mengenai dokter specialist ngilu?

Dokter specialist ngilu ialah mereka yang umumnya tangani keluh kesah ngilu, baik karena kerusakan saraf atau karena cidera.

Dokter specialist bedah saraf ialah mereka yang tangani permasalahan ngilu karena ada permasalahan pada saraf. Dan, untuk permasalahan ngilu karena cidera atau kecelakaan, karena itu umumnya akan diatasi oleh dokter specialist ortopedi.

Nach, karena itu saat sebelum lakukan penyembuhan pada permasalahan ngilu, seharusnya kenali lebih dulu darimanakah ngilu itu berasal.

Mencuplik dari Cleveland Clinic ngilu juga menjadi hal yang normal saat habis olahraga berat, dan ngilu itu akan lenyap dalam sekian hari.

Tetapi, kita harus siaga bila rasa ngilu yang ada sangat terasa tajam, menebar, dan tidak lenyap dalam periode waktu lama.

Ngilu yang jangan didiamkan Dokter Specialist Anestesi dari KL Klinik, dr Ketut Ngurah Gunapriya menyebutkan jika ngilu menjadi pertanda ada kerusakan yang terlihat dan tidak terlihat.

“Ngilu ialah satu pengalaman emosional yang tidak membahagiakan. Umumnya, disebabkan karena kerusakan terlihat atau tidak terlihat,”

Selanjutnya Ketut menjelaskan jika ngilu dengan durasi waktu pendek (kronis) atau durasi waktu panjang (kronik) sama bisa mempengaruhi kualitas hidup pasiennya.

Tipe-Jenis Ngilu

Oleh karenanya, seharusnya ngilu yang tiba jangan diremehkan demikian saja, terlebih bila ngilu tiba di tempat misalnya :

Ngilu di tempat lutut

Merasa sakit yang tiba secara mendadak, seperti hentakan keras dibarengi dengan bengkak menjadi pertanda ada ligament yang robek.

Bila tidak selekasnya memperoleh pengatasan yang pas, kata Ketut, akan mengakibatkan bengkak lutut yang makin kronis, sampai bisa mengakibatkan terjadi kerusakan jaringan wilayah lutut secara tetap.

“Dan, dalam saat yang semakin lama, bisa mengakibatkan kerusakan persendian degeneratif (permasalahan karena bertambahnya umur) yang lebih serius,” katanya.

Ngilu di tulang belakang

Ketut, menjelaskan, sakit atau ngilu tajam yang tiba di tempat tulang belakang, khususnya pada bagian bawah menjadi pertanda dari ada saraf tercepit. Ini bisa terjadi saat diskus (cakram tulang riskan) tulang berubah atau keluar status anatomi, hingga tekan saraf disekelilingnya.

Saat diskus memberikan penekanan pada saraf dan pembuluh darah disekitaran, akan mengakibatkan timbulnya ngilu sampai mati rasa disebelah badan pasien.

“Meremehkan ngilu karena saraf tercepit bisa membuat bentuk badan jadi tidak imbang, kejang otot, sampai kerusakan saraf tetap,” Ketut mengutamakan.

Ngilu di pundak

Persendian pundak manusia terbagi dalam satu kelompok empat otot dan tendon penyambung. Tendon itu bisa robek saat cidera, kecelakaan, atau lakukan pergerakan berulang-ulang atau mengusung suatu hal yang terlampau berat.

Menurut Ketut, kerusakan pada tendon berikut yang umumnya mengakibatkan rasa ngilu di tempat pundak. Khususnya, bila ngilu itu diimbangi dengan timbulnya bunyi ‘klik’ saat menggerakan pundak, menjadi kompleksitas seperti perubahan tulang karena cidera pundak awalnya.

Meremehkan ngilu di tempat ini, katanya, bisa mengakibatkan ngilu akut, infeksi, dan kekakuan pada persendian.

Ngilu di Pergelangan Kaki

Keseleo bisa mengakibatkan ligamen di pergelangan kaki meregang sampai robek. Bahkan juga, tendon, tulang riskan, dan pembuluh darah disekelilingnya beresiko alami kerusakan.

Biasanya, pasien akan rasakan tanda-tanda seperti lebam, bengkak, kaki, dan rasa ngilu yang tajam. Bila keseleo tidak juga pulih, menurut Ketut bisa membuat pergelangan kaki tidak konstan secara tetap.

Disamping itu, tidak memperoleh pengatasan yang pas dapat mengakibatkan kaki jadi pincang dan mengakibatkan kerusakan tetap pada jaringan sekitaran pergelangan kaki.

Ngilu di kepala

Sakit di kepala kerap dipandang seperti permasalahan remeh. Walau sebenarnya, sakit di kepala yang lama dan berkelanjutan menjadi pertanda dari penyakit beresiko.

Beberapa penyakit seperti stroke, meningitis (radang selaput otak), sampai tumor otak kerap dihubungkan dengan ngilu di kepala.

Salah satunya tanda-tanda ngilu di kepala yang beresiko ialah ada secara mendadak, dibarengi kaku di leher dan demam, sampai ada dengan masalah pandangan.

Ngilu Tidak Pulih Seharusnya Harus Bagaimana?

Ketut juga mengutamakan jika ngilu yang tiba di sejumlah tempat badan seharusnya selekasnya dilaksanakan diskusi bersama dokter specialist.

Khususnya, katanya, bila ngilu yang ada ialah ngilu tajam yang berkelanjutan dan tidak lenyap beberapa minggu, bahkan juga menahun.

Ia lalu menerangkan jika pengatasan pada permasalahan ngilu populer bernama management ngilu. Pada management ngilu, penyembuhan yang sudah dilakukan dokter lebih fokus pada pemicu yang memicu ngilu.

“Hingga, management ngilu ini jadi sisi penting dalam perawatan klinis,” ucapnya.

Dijelaskannya jika pengecekan pada ngilu bisa dilaksanakan sama dokter specialist untuk menyembuhkan rasa ngilu, menganalisis pemicu rasa ngilu, sekalian kurangi resiko kompleksitas dari rasa ngilu yang muncul.

KL Klinik sediakan penyembuhan dengan ide ‘Pain Care Manajemen’ yang bisa mengetahui, menyembuhkan dan menangani permasalahan sekitar ngilu dan pemicunya.

Menurut Ketut penyembuhan di KL Klinik memakai sistem kekinian yang aman dan efisien tanpa pembandinghan.

Hingga, perlakuan yang sudah dilakukan untuk menangani ngilu semakin lebih kurang ngilu dan kurang resiko.

Disamping itu, KL Klinik mempunyai sarana pendukung alat yang lumayan komplet, seperti USG, C-arm, Radio Frekwensi, sampai PRP atau Platelet Rich Plasma.

 

 

About admin

Check Also

Kritik Jokowi, Demokrat: Pimpinan Berpikir Rakyat Disaksikan dari Rekam Tapak jejak Bukan Fisik

Kritik Jokowi, Demokrat: Pimpinan Berpikir Rakyat Disaksikan dari Rekam Tapak jejak Bukan Fisik Partai Demokrat …