Sejarah Penyematan 1 Oktober Sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Sejarah Penyematan 1 Oktober Sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila biasa diperingati tiap tanggal 1 Oktober.

Dalam kisahnya, hari itu menjadi satu diantara yang paling monumental untuk perjalanan bangsa Indonesia.

Pada sejarah penyematan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, sering dihubungkan dengan kejadian Pembelotan G30S/PKI.

Diambil dari kabar berita awalnya, sama seperti yang dijumpai saat itu 6 Jenderal dan 1 Perwira Angkatan Darat jadi korban penculikan dan pembunuhan yang diperhitungkan didalangi PKI.

Adapun arah penculikan itu dijumpai sebagai sisi dari usaha lakukan kup dan menukar ideologi Pancasila dengan komunis.

Tetapi, pada akhirannya usaha itu tidak berhasil dan Pancasila satu kali lagi memberikan kesaktiannya.

Disalin dari jurnal dengan judul Kejadian G-30S/PKI Di Balik Penentuan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 1965 kreasi Fitri Yanti, sejarah sudah menunjukkan jika ampuhnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam hadapi beragam gempuran dari faksi yang anti Pancasila.

Terdaftar, semenjak proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, terjadi lumayan banyak perlawanan yang usaha mengganggu posisi Pancasila.

Sebutlah saja seperti Perlawanan DI/TII, Perlawanan PRRI/Permesta, Perlawanan PKI Madiun 1948, sampai Perlawanan G30S/PKI.

Dari beberapa usaha perlawanan itu, salah satunya ujian paling berat ialah saat meledaknya kejadian G30S/PKI.

Namun, dengan karunia Tuhan Yang Maha Esa dan gerakan pejuang bangsa saat itu, pada 1 Oktober 1965 ada realisasi dari semua kemampuan dan kesaktian Pancasila yang mengambil sumber dari keyakinan rakyat Indonesia.

Antiknya, setiap ada rongrongan dari beragam faksi yang ke arah Pancasila, bangsa Indonesia selalu dapat membasmi semua wujud perlawanan yang mempunyai tujuan melengserkan Pancasila dari dasar negara.

Disamping itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tiap 1 Oktober ini diperuntukkan untuk mendokumentasikan pengorbanan Pahlawan Revolusi dalam hadapi intimidasi G30S/PKI.

Selainnya untuk ingat jasa beberapa pahlawan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diperuntukkan ke dunia sebagai wujud perjuangan beberapa pahlawan dan semua warga yang turut serta dalam menjaga dan menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …