Serikat Pekerja Protes UMP Jakarta Naik 5,6 %, Bandingkan dengan Bogor 10 %

Serikat Pekerja Protes UMP Jakarta Naik 5,6 %, Bandingkan dengan Bogor 10 %

Presiden Federasi Serikat Karyawan Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan ada beberapa argumen yang mengakibatkan organisasi serikat pekerja menampik keras keputusan Petinggi (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam memutuskan Gaji Minimal Propinsi (UMP) 2023.

Said menyebutkan peningkatan UMP DKI sejumlah 5,6 % lebih kecil dibanding dengan propinsi lain di Indonesia. Misalkan, Bogor kata Said, Gaji Minimal Kabupaten (UMK) nya naik 10 %.

“Periode kalah dari Kabupaten Bogor naiknya 10 %. Kan memalukan itu Pj gubernur gagal tingkatkan kesejahteraan golongan pekerja dan warga kecil,” kata Said secara online,

Disamping itu, ia memandang keputusan Heru itu tidak memihak pada pekerja. Tetapi memihak pada warga menengah ke atas dan pro pebisnis.

“Cuma memihak ke warga kelas menengah atas. Peraturan Pj Gubernur pada penggajian memihak pada kelas menengah ke atas dan pro pebisnis,” tutur ia.

Said sayangkan sebagai ibukota negara, peningkatan UMP DKI Jakarta tidak semestinya lebih rendah dari propinsi lain di Indonesia. Bahkan juga, katanya peningkatan UMP DKI 2023 itu ada di bawah inflasi tahun jalan 6,5 %.

“DKI itu ibukota negara bagaimanakah mungkin naik gajinya 5,6 % cuma 1/2 dari peningkatan gaji minimal di Bogor, UMK Kabupaten Bogor naiknya 10 %, Kabupaten Subang naiknya 10 %. Itu semua referensi bupati,” jelas Said.

Bandingkan dengan Beberapa Daerah

Said bahkan juga memperbandingkan peraturan Heru Budi dengan Bupati wilayah berkaitan sepert Bogor, Subang, Cirebon sampai Majalengka. Bupati Kabupaten yang diartikan dipandang Said memiliki empati pada keberlangsungan hidup pekerja.

“Bupati Bogor sudah putuskan naiknya Gaji Minimal Bogor, UMK Bogor 10 %, UMK Subang 10 %. Bahkan juga UMK Majalengka wilayah yang baru berkembang, Majalengka dan Kabupaten Cirebon itu 10 %, memiliki empati ke pekerja,” katanya.

Ia menyebutkan Heru Budi tidak memiliki empati ke pekerja. Ingat, peningkatan gaji minimal DKI cuma 1/2 dari peningkatan gaji minimal di Bogor Subang, Majalengka, dan Cirebon.

About admin

Check Also

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana

Berikan Kuliah Umum di AAL, Wakil presiden Meminta Taruna Rendah Hati sampai Tambahkan Wacana Wakil …