Solusi saat kehidupan pribadi dan pekerjaan tidak seimbang

Apakah Anda merasa kehidupan pribadi dan kehidupan pekerjaan Anda sudah tidak seimbang ? Anda mulai merasa stres kemudian hubungan dengan keluarga dan teman-teman Anda mulai merenggang ? Baca tips dibawah ini.

Buat manajemen waktu

Dalam hal ini Anda wajib mengatur waktu dalam sehari untuk bisa melakukan berbagai hak dan kewajiban yang harus dijalani. Bukan hanya pekerjaan saja tetapi juga aspek penting lainnya seperti waktu makan, tidur, olahraga dan lainnya. Semua perlu porsi yang adil.
Dari 24 jam yang dimiliki dalam sehari, bagi waktu-waktu tersebut sesuai dengan daftar kewajiban yang perlu Anda jalani. Buat perencanaan setiap hari dan jangan lupa untuk mencatat di jurnal atau kalender harian Anda.
Tujuannya agar Anda tahu kapan harus pulang kerja kapan dan harus berkumpul bersama teman. Ketika tidak memiliki rencana, waktu Anda akan mudah diambil oleh hal lainnya termasuk pekerjaan.

Belajar untuk mengatakan tidak

Tak jarang seseorang bekerja berlebihan karena merasa tidak enak menolak permintaan atasan untuk mengerjakan pekerjaan lain di luar tugasnya. Jika Anda ingin memiliki hidup dan kerja yang seimbang, belajarlah untuk mengatakan tidak.
Jangan selalu mengiyakan tugas lain yang diluar dari pekerjaan atau waktu kerja Anda karena Anda merasa tidak enak. Tidak ada salahnya mengatakan tidak karena Anda sangat berhak menikmati waktu luang.

Jangan membawa pekerjaan ke rumah

Jangan membawa pekerjaan ke rumah. Jangan mengecek e-mail atau menerima telepon soal pekerjaan saat Anda di rumah. Manfaatkan waktu di rumah untuk beristirahat dan mengerjakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, misalnya melakukan hobi atau bercengkrama dengan keluarga.
. Atur waktu kerja Anda di kantor agar tidak terbuang sia-sia. Lebih efisien lagi, matikan ponsel untuk meminimalkan gangguan.
Namun jika ada pekerjaan yang memang harus dilanjutkan di rumah, Anda boleh mencuri waktu istirahat sesekali. Tetapi jangan kebablasan hingga tak bisa membatasi antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

About lastkinection

Check Also

Burnout Syndrome, Sama-Sama Bikin Tertekan

Stres dalam pekerjaan sudah biasa, tetapi burnout syndrome adalah hal yang berbeda. Burnout syndrome adah …