Survey SMRC: Ini Peta Kantong Suara PDIP dan Gerindra, Berkompetisi Ketat di Jawa barat

Survey SMRC: Ini Peta Kantong Suara PDIP dan Gerindra, Berkompetisi Ketat di Jawa barat

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melaunching hasil survey terkini berkenaan kantong suara partai. Hasilnya, tidak ada partai yang kuasai semua kantong suara. Masing-masing berkekuatan dan kekurangan di sejumlah daerah.

Direktur Penelitian SMRC, Deni Irvani menjelaskan suara paling besar PDIP berada di daerah Jawa tengah dan DIY. Suara informan yang masuk sampai 37 %. Walau demikian, peta suara PDIP terdaftar kalah dari Gerindra bila ada di Sumatera dengan perbedaan 15 % dan 16 %.

“Kompetisi ketat suara informan terjadi di Jawa Barat. PDIP kantongi 20 % dan Gerindra 19 %, beda 1 %,” urai Deni.

Kompetisi ketat peta suara yang dekati daerah kekuasaan PDIP kembali terjadi di Jawa Timur. Ini kali Partai Kebangunan Bangsa (PKB) sukses raih 24 % suara informan dan cuma tertaut 3 % lebih kecil daripada PDIP yang raih keseluruhan 27 % di Jawa Timur.

Survey ini dilaksanakan pada 3-9 Oktober 2022 dengan informan datang dari semua Indonesia yang punyai hak pilihan dalam penyeleksian umum, yaitu mereka yang telah berumur 17 tahun ataupun lebih, atau telah menikah saat survey dilaksanakan.

Informan diputuskan secara acak (stratified multistage acak sample) 1220 informan. Response rate sejumlah 1027 atau 84 %. Margin of error survey sama ukuran contoh itu diprediksi sebesar ± 3,1 % di tingkat keyakinan 95 % (anggapan sederhana acak sample).

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …