Telegram Kapolri, Masyarakat Tidak berhasil Ujian SIM Bisa Ulangi di Hari yang Sama

Telegram Kapolri, Masyarakat Tidak berhasil Ujian SIM Bisa Ulangi di Hari yang Sama

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperkenankan masyarakat untuk lakukan ujian pembikinan surat ijin berkendara (SIM) ulangi di hari yang serupa jika dipastikan tidak lulus. Hal itu tercantum pada Surat Telegram (ST) Nomor: ST/2386/X/YAN.1.1./2022.

Telegram itu diberi tanda tangan oleh Kepala Korps Lalu Lintasi (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri pada 31 Oktober 2022. “Untuk peserta yang dipastikan tidak lulus ujian penerbitan SIM, dapat segera melakukan ujian ulangi di hari itu atau dalam waktu 14 hari kerja terhitung mulai dari dipastikan tidak lulus,” tutur Sigit dalam penjelasannya.

Adapun ujian ulangi itu dikerjakan terbanyak 2x. Sigit minta ke Satpas untuk mempersiapkan training untuk calon peserta ujian pembikinan SIM yang hendak melakukan ujian atau yang ingin ujian ulangi. Instruksi terkini ini bermula saat Sigit dengar ada masyarakat yang 4x tidak berhasil saat ujian praktek pembikinan SIM.

Info itu sampai ke telinganya saat dia lakukan peninjauan tiba-tiba (sidak) di Daan Mogot, Jakarta Barat. Sigit juga minta ketentuan ujian praktek pembikinan SIM diganti jadi bisa langsung mengulang-ulang di hari yang serupa. Awalannya, Sigit ajak masyarakat yang membuat SIM untuk berunding. Ia menanyakan apa warga alami kesusahan saat membuat SIM.

Seterusnya, Sigit melihat masyarakat yang melakukan ujian berkendaraan. Sigit doakan agar masyarakat itu lulus pembikinan SIM. Dia antas menanyakan ke Kasie SIM Polda Metro Jaya Kompol Akasa bila mereka tidak berhasil ujian praktek. “Ini jika tidak berhasil ujian praktek langsung bisa ulangi?” kata Sigit.

“Siap, jenderal. Diberi waktu ulangi 14 hari selanjutnya,” jawab Akasa. Dengar jawaban Akasa, Sigit minta ada peralihan ketentuan. Ia ingin peraturan berkenaan ujian praktek SIM dikoreksi, hingga warga yang tidak berhasil test ujian praktek dapat mengulang-ulang di hari yang serupa.

“Jika dapat kasih peluang 2x di hari yang serupa. Karena memakan waktu bila tiba kembali,” kata Sigit. “Barusan saya dengar ada yang 4 kali tidak berhasil. Terus diberi training dahulu warga saat sebelum ujian,” katanya.

About admin

Check Also

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan

Ganjar Cat Rambut Hitam, PDIP Sebutkan Satu Hati dengan Puan Ketua DPP PDIP Said Abdullah …